Breaking News

Belanda ke Perempat Final Euro 2024: Gakpo dan Malen Bawa Tim Oranye Menang Telak atas Rumania

Donyell Malen merayakan gol kedua Belanda melawan Rumania di babak 16 besar Euro 2024 di Munich, Jerman, Selasa, 2 Juli 2024. Belanda menang 3-0. (AP/Manu Fernandez)

D'On, Munich (Jerman),-
Belanda melangkah pasti ke babak perempat final Euro 2024 setelah menaklukkan Rumania dengan skor meyakinkan 3-0 pada laga yang digelar di Allianz Arena, Selasa (2/7/2024) malam WIB. Cody Gakpo dan Donyell Malen menjadi pahlawan kemenangan Tim Oranye dengan aksi brilian mereka yang membuat Rumania tak berkutik.

Babak Pertama: Dominasi Awal Gakpo

Gol pembuka Belanda tercipta melalui aksi impresif Cody Gakpo pada menit ke-19. Berawal dari pergerakan lincah Gakpo di sisi kiri, ia melewati seorang pemain bertahan Rumania dan masuk ke kotak penalti. Melihat celah, Gakpo melepaskan tembakan keras dari kaki kanan yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang. Meskipun kiper Rumania, Florin Nita, sudah membaca arah bola, namun derasnya tembakan membuat Nita gagal menghalau bola yang melesat cepat. Ini menjadi gol ketiga Gakpo di turnamen ini, dan uniknya, semua gol tersebut dihasilkan dari kaki kanannya.

Sepanjang babak pertama, Belanda mendominasi permainan dengan serangan yang terstruktur dan kreativitas tinggi di lini depan. Xavi Simons dan Denzel Dumfries kerap membantu Memphis Depay dalam menekan pertahanan lawan, meskipun usaha mereka masih belum mampu menambah keunggulan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua: Keputusan VAR dan Gol Pembuka Malen

Pertandingan sempat memanas pada menit ke-62 ketika Gakpo berhasil membobol gawang Rumania melalui situasi sepak pojok. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit setelah peninjauan VAR menunjukkan bahwa Gakpo berada dalam posisi offside saat serangan dibangun. Keputusan ini sempat menurunkan tensi serangan Belanda, namun mereka tetap mempertahankan tekanan.

Tekanan tersebut akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-82. Memanfaatkan lemparan bola, Memphis Depay mengirim umpan matang ke arah Gakpo di dekat garis gawang. Dalam situasi yang tampak sulit, Gakpo menunjukkan visi permainan cemerlang dengan mengamankan bola yang hampir keluar dan mengirim umpan silang sempurna kepada Donyell Malen. Malen, yang berdiri bebas di depan gawang, menyelesaikan peluang dengan mudah untuk mencatatkan gol kedua Belanda.

Penutup: Keajaiban Malen

Ketika pertandingan tampak akan berakhir dengan skor 2-0, Malen kembali menunjukkan kelasnya di menit ke-93. Mendapatkan bola di tepi kotak penalti, pemain Borussia Dortmund ini melakukan penetrasi ke dalam kotak, melewati dua pemain bertahan Rumania yang mengejar. Dengan ketenangan yang luar biasa, Malen melepaskan tembakan mendatar yang tak mampu dijangkau Nita, melengkapi kemenangan Belanda dengan gol ketiga.

Rumania yang Kehilangan Arah

Meskipun sempat merepotkan pertahanan Belanda pada awal babak pertama dengan tekanan tinggi, Rumania gagal mempertahankan intensitas tersebut. Tim asuhan Edi Iord─ânescu tak mampu memanfaatkan beberapa peluang yang mereka ciptakan dan harus rela melihat dominasi Tim Oranye selama pertandingan. Usaha terbaik Rumania hanya datang melalui beberapa tendangan jarak jauh yang dengan mudah diamankan oleh penjaga gawang Belanda.

Dengan kemenangan ini, Belanda memastikan diri melaju ke babak perempat final Euro 2024, dan siap menghadapi tantangan berikutnya dengan optimisme tinggi. Penampilan cemerlang Gakpo dan Malen diharapkan bisa terus berlanjut untuk membawa Belanda melangkah lebih jauh di turnamen ini.

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga