Breaking News

KPK Jadwalkan Pemanggilan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Terkait Kasus Harun Masiku

Ali Fikri Juru Bicara KPK

D'On, Jakarta,-
Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menjadwalkan pemanggilan terhadap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. Pemanggilan ini dijadwalkan pada Senin, 10 Juni 2024, pukul 10.00 WIB di Gedung Merah Putih KPK. Hasto akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR periode 2019-2024 yang menyeret nama Harun Masiku, mantan calon legislatif (caleg) PDIP yang kini buron.

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk hadir di Gedung Merah Putih KPK pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 10.00 WIB," ujar Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis (6/6/2024). 

Penelusuran KPK

KPK tengah intens menelusuri keberadaan Harun Masiku melalui serangkaian pemeriksaan saksi. Pemanggilan Hasto Kristiyanto ini merupakan salah satu langkah KPK dalam upaya memperoleh informasi baru yang dapat mengungkap lokasi persembunyian Harun Masiku. “Pemanggilan Hasto dilakukan karena KPK ingin meminta konfirmasi terkait informasi baru mengenai keberadaan Harun Masiku,” jelas Ali Fikri.

Kasus Harun Masiku

Harun Masiku terseret dalam kasus dugaan suap terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Ia diduga menyuap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat itu, Wahyu Setiawan, agar dapat ditetapkan sebagai anggota DPR. Namun, sejak Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan dan sejumlah pihak lain pada 8 Januari 2020, Harun Masiku berhasil melarikan diri dan hingga kini belum ditemukan.

Upaya Penangkapan dan Harapan KPK

Dalam beberapa bulan terakhir, KPK kembali menggencarkan pencarian Harun Masiku, yang masih menghirup udara bebas. Ali Fikri berharap Hasto Kristiyanto dapat bersikap kooperatif dan memenuhi panggilan tim penyidik KPK. Kerja sama dari saksi sangat diharapkan untuk mempercepat penyelesaian kasus ini. “Kami berharap Hasto bersikap kooperatif dengan memenuhi panggilan tim penyidik KPK,” kata Ali Fikri.

Signifikansi Pemanggilan Hasto

Pemanggilan Hasto Kristiyanto bukan hanya penting untuk menggali informasi terkait keberadaan Harun Masiku, tetapi juga menjadi bagian dari upaya KPK untuk menunjukkan keseriusan dalam menuntaskan kasus-kasus korupsi yang melibatkan tokoh-tokoh penting. Ini menjadi sinyal kuat bahwa KPK terus berkomitmen dalam memberantas korupsi tanpa pandang bulu.

Publik menantikan hasil dari pemeriksaan ini, dengan harapan adanya perkembangan signifikan dalam penanganan kasus yang telah berlangsung lebih dari empat tahun ini. KPK diharapkan dapat segera menangkap Harun Masiku dan menuntaskannya sesuai dengan hukum yang berlaku.

(*)

#KPK #HarunMasiku #Korupsi #HastoKristiyanto #DPO

No comments