Breaking News

Dalam Sehari, 400 Lebih Lansia Naik Trans Padang Gratis

Bus Trans Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam rangka menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 Tahun 2024, Pemerintah Kota Padang memberikan layanan naik bus massal Trans Padang secara gratis bagi lansia di kota tersebut. Kebijakan ini berlaku mulai tanggal 31 Mei hingga 6 Juni 2024, dan telah mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Sejak diberlakukannya kebijakan ini, terjadi lonjakan signifikan jumlah lansia yang memanfaatkan layanan gratis ini. Puncaknya terlihat pada hari Minggu (2/6/2024), ketika tercatat sebanyak 434 lansia menggunakan Trans Padang di seluruh koridor. Berdasarkan data dari Padang Sejahtera Mandiri (PSM), distribusi penumpang lansia pada hari tersebut adalah sebagai berikut: 150 orang di koridor I, 131 orang di koridor III, 41 orang di koridor IV, 93 orang di koridor V, dan 19 orang di koridor VI.

Keesokan harinya, pada hari Senin (3/6/2024), angka ini sedikit menurun namun tetap tinggi dengan total 421 lansia yang menggunakan layanan bus Trans Padang. Distribusi penumpang lansia pada hari itu menunjukkan 120 orang di koridor I, 61 orang di koridor III, 64 orang di koridor IV, 123 orang di koridor V, dan 52 orang di koridor VI.

Program gratis naik Trans Padang bagi lansia ini digagas oleh Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, dalam peringatan HLUN ke-28 yang berlangsung di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Padang, pada pekan lalu. Dalam sambutannya, Andree Algamar menegaskan bahwa program ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan kepada para lansia yang memiliki pengalaman, pengetahuan, dan kebijaksanaan yang berharga.

"Program ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan kepada para lansia yang kaya akan pengalaman, pengetahuan, dan kebijaksanaan," ujar Pj Wali Kota Padang tersebut.

Program yang berlangsung hingga 6 Juni mendatang ini diharapkan akan terus menarik minat para lansia untuk memanfaatkan layanan transportasi publik yang layak dan nyaman. Layanan Trans Padang yang bersih dan teratur membuatnya menjadi pilihan ideal bagi semua kalangan, termasuk para lansia. Diperkirakan, jumlah penumpang lansia akan terus meningkat seiring berjalannya waktu dan semakin dikenalnya program ini di kalangan masyarakat.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan mobilitas bagi para lansia serta meningkatkan kualitas hidup mereka melalui akses transportasi yang lebih baik. Kebijakan ini juga menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Padang dalam memberikan pelayanan terbaik bagi semua lapisan masyarakat.

(*)

#TransPadang #Padang

No comments