Breaking News

BP Tapera Tuntaskan Tindak Lanjut Temuan BPK: 124,9 Ribu PNS Terima Hak Mereka

Ilustrasi 

D'On, Jakarta,-
Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menanggapi serius temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang mengungkapkan bahwa sebanyak 124,9 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak dapat mencairkan hak merek b yg  6b Hb ha senilai total Rp567,45 miliar. Komisioner BP Tapera, Heru Pudyo Nugroho, menjelaskan bahwa temuan tersebut merupakan hasil audit tahun 2021 dan telah direkomendasikan untuk ditindaklanjuti oleh BP Tapera.

“Dalam artian, semua hak kepesertaan yang sudah bersubstansial sudah kita kembalikan ke peserta penerima hak ASN sampai yang pensiun dan sudah kami laporkan ke BPK tindaklanjutnya, kemudian telah dinyatakan selesai oleh BPK,” jelas Heru di Gedung BP Tapera, Rabu (5/6/2024).

Penyelesaian Temuan BPK

Heru menyampaikan bahwa hingga akhir 2023, seluruh hasil temuan BPK telah ditindaklanjuti oleh BP Tapera. Upaya ini mencakup pengembalian hak kepada para pensiunan PNS yang haknya sempat tertunda. BP Tapera juga memastikan bahwa seluruh hak tersebut sudah disalurkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Data Peserta Aktif dan Komitmen BP Tapera

Menyoroti hasil pemeriksaan atas data peserta aktif yang diserahterimakan Tim Likuidasi Bapertarum ke BP Tapera, Heru mengungkapkan bahwa terdapat 125.690 pensiunan yang belum menerima pengembalian substansi. Namun, BP Tapera telah menindaklanjuti hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tapera.

“BP Tapera terus berkomitmen melakukan pengembalian tabungan perumahan rakyat dari pokok tabungan dan hasil pembukanya kepada peserta paling lambat 3 bulan setelah berakhir masa kepesertaan,” ujar Heru.

Pengembalian Tabungan Perumahan

Sejak BP Tapera mulai beroperasi, lembaga ini telah berhasil mengembalikan tabungan perumahan rakyat kepada 956.799 orang yang sudah pensiun atau ahli waris mereka. Total nilai pengembalian tersebut mencapai Rp4,2 triliun, menunjukkan komitmen BP Tapera dalam menjalankan tugasnya dengan transparan dan bertanggung jawab.

Dampak Positif bagi Peserta

Pengembalian dana ini tidak hanya menjadi bukti keseriusan BP Tapera dalam menindaklanjuti temuan BPK, tetapi juga memberikan dampak positif bagi para pensiunan PNS. Dana yang diterima oleh para pensiunan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidup mereka di masa pensiun.

Dengan langkah-langkah konkret yang diambil BP Tapera, kepercayaan peserta terhadap pengelolaan dana perumahan rakyat diharapkan semakin meningkat. Heru menekankan bahwa BP Tapera akan terus bekerja keras untuk memastikan semua hak peserta terpenuhi tepat waktu dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Keseriusan BP Tapera dalam menindaklanjuti temuan BPK dan memastikan pengembalian hak peserta menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana perumahan rakyat. Ini menjadi langkah penting dalam membangun kepercayaan publik terhadap lembaga ini dan memastikan bahwa setiap peserta mendapatkan hak mereka secara adil dan tepat waktu.

(*)

#BPTapera #BPK #Nasional

No comments