Breaking News

9 Amalan yang Mendatangkan Doa Malaikat, Salah Satunya Menjenguk Orang Sakit

Ilustrasi 

Dirgantaraonline,-
Islam mengajarkan banyak amalan yang dapat mendatangkan berkah dan rahmat dari Allah SWT, salah satunya adalah mendapatkan doa dari malaikat. Berikut ini adalah sembilan amalan yang dapat mendatangkan doa malaikat beserta penjelasan rinci dan dalil yang mendukung setiap amalan tersebut.

1. Menjenguk Orang Sakit

Menjenguk orang sakit adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam hadis disebutkan bahwa malaikat akan mendoakan orang yang menjenguk orang sakit.

Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah seorang Muslim menjenguk Muslim yang lain pada waktu pagi, melainkan 70 ribu malaikat akan mendoakannya sampai sore hari. Dan jika ia menjenguknya pada sore hari, 70 ribu malaikat akan mendoakannya sampai pagi hari. Dan dia akan mendapat jatah buah-buahan di surga." (HR. Tirmidzi)

Menjenguk orang sakit menunjukkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama, serta dapat meringankan beban psikologis orang yang sakit.

2. Berdoa untuk Orang Lain Tanpa Sepengetahuannya

Mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya merupakan bentuk keikhlasan dan ketulusan dalam berbuat kebaikan. Dalam hadis disebutkan bahwa malaikat akan mengaminkan doa tersebut dan mendoakan hal yang sama untuk orang yang berdoa.

Rasulullah SAW bersabda:

"Doa seorang Muslim untuk saudaranya (sesama Muslim) tanpa sepengetahuannya adalah mustajab. Di sisinya ada malaikat yang ditugaskan untuk mengaminkan doanya. Setiap kali dia berdoa untuk kebaikan saudaranya, malaikat tersebut berkata: 'Amin, dan bagimu juga seperti itu.' (HR. Muslim)

3. Mengajarkan Ilmu

Mengajarkan ilmu kepada orang lain merupakan amalan yang sangat mulia dalam Islam. Malaikat akan mendoakan orang yang menyebarkan ilmu yang bermanfaat.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah, para malaikat-Nya, para penghuni langit dan bumi, hingga semut di dalam lubangnya, dan ikan-ikan di laut, semuanya bershalawat (mendoakan) kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain." (HR. Tirmidzi)

4. Duduk di Masjid Menunggu Waktu Shalat

Orang yang duduk di masjid menunggu waktu shalat dengan niat ikhlas akan didoakan oleh malaikat. Mereka memohonkan ampunan dan rahmat untuk orang tersebut.

Rasulullah SAW bersabda:

"Para malaikat selalu mendoakan salah seorang dari kalian selama ia berada di tempat shalat di mana ia melaksanakan shalat, selama ia tidak berhadats (berwudhu). Para malaikat berkata: 'Ya Allah, ampunilah dia, ya Allah rahmatilah dia.'" (HR. Bukhari)

5. Berinfak di Jalan Allah

Mengeluarkan harta di jalan Allah, baik dalam bentuk sedekah, zakat, atau infak, merupakan amalan yang mendatangkan doa malaikat. Mereka mendoakan agar orang yang berinfak diberi keberkahan dan kelimpahan rezeki.

Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah satu hari pun di mana para hamba berada pada waktu pagi melainkan ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari keduanya berkata: 'Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang berinfak.' Sedangkan yang satu lagi berkata: 'Ya Allah, berikanlah kebinasaan kepada orang yang kikir.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Berwudhu dengan Sempurna

Melakukan wudhu dengan sempurna merupakan salah satu amalan yang mendapatkan doa dari malaikat. Wudhu yang sempurna akan membersihkan dosa-dosa kecil dan malaikat akan mendoakan orang tersebut.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang berwudhu dengan sempurna, maka keluarlah dosa-dosanya dari badannya, hingga keluar dari bawah kuku-kukunya." (HR. Muslim)

7. Shalat Subuh dan Ashar Berjamaah

Menunaikan shalat Subuh dan Ashar secara berjamaah di masjid memiliki keutamaan yang besar. Malaikat akan mendoakan orang yang menjaga shalat berjamaah, terutama pada kedua waktu tersebut.

Rasulullah SAW bersabda:

Para malaikat berkumpul pada saat shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian malaikat yang bertugas pada malam hari naik, dan malaikat yang bertugas pada siang hari tetap tinggal. Lalu mereka berkumpul lagi pada waktu shalat Ashar dan shalat Subuh. Kemudian malaikat yang bertugas pada siang hari naik, dan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal. Kemudian Allah bertanya kepada mereka: 'Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hamba-Ku?' Para malaikat menjawab: 'Kami datang kepada mereka ketika mereka sedang shalat dan kami meninggalkan mereka ketika mereka sedang shalat.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Memperbanyak Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang sangat dianjurkan. Malaikat akan mendoakan orang yang memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)

9. Menyantuni Anak Yatim

Menyantuni anak yatim merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Orang yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan doa dari malaikat dan keberkahan dalam hidupnya.

Rasulullah SAW bersabda:

Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini," kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau serta agak merenggangkan keduanya." (HR. Bukhari)

Dalam kesimpulannya, amalan-amalan yang mendatangkan doa malaikat tidak hanya memberikan pahala besar tetapi juga mendatangkan berbagai keberkahan dalam hidup. Semoga kita semua dapat mengamalkan amalan-amalan tersebut dengan penuh keikhlasan dan ketulusan, sehingga mendapatkan doa dari malaikat serta ridha Allah SWT.

(Rini)

#Religi #Muslim #Islami

No comments