Breaking News

Update Bencana Banjir Bandang di Sumbar: Jumlah Korban Terus Bertambah

Wakapolda Sumbar Ikut Evakuasi Jenazah Korban Banjir Bandang 

D'On, Sumbar,-
Polda Sumatera Barat (Sumbar) terus berupaya keras menangani dampak bencana alam yang melanda wilayah Sumbar, dengan fokus pada pencarian dan evakuasi korban. Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik, Kabid Humas Polda Sumbar, menyampaikan bahwa tim gabungan masih melakukan pencarian korban yang hilang akibat banjir bandang dan lahar dingin yang terjadi beberapa hari lalu.

Korban Jiwa dan Orang Hilang

Hingga Rabu, 15 Mei 2024, korban yang terdata mencapai 56 orang meninggal dunia dan 15 orang masih hilang. Berikut ini adalah rincian korban di beberapa daerah terdampak:

1. Polres Tanah Datar

- Meninggal: 18 orang

- Hilang: 10 orang

- Belum Teridentifikasi: 6 orang

- Teridentifikasi: 12 orang

- Dirawat di RSUD: 5 orang

2. Polres Padang Panjang

- Meninggal: 10 orang

- Hilang: 3 orang

- Teridentifikasi: 10 orang

- Dirawat: 1 orang

3. Polres Bukittinggi

- Meninggal: 21 orang

- Hilang: 2 orang

- Teridentifikasi: 21 orang

- Dirawat di RSUD: 2 orang

- Dirujuk ke RSUP dr. M Djamil: 1 orang

4. Polres Padang Pariaman

- Meninggal 7 orang

- Teridentifikasi: 5 orang

- Belum Teridentifikasi: 2 orang di RS Bhayangkara

5. Polresta Padang

- Meninggal: 2 orang

- Teridentifikasi: 2 orang

- Dirawat di M Djamil: 3 orang

- Dirawat di SPH: 3 orang

Langkah-Langkah Penanganan Bencana

Polda Sumbar tidak hanya fokus pada pencarian korban yang hilang, tetapi juga berupaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak. Sejumlah dapur umum telah didirikan dan mobil water treatment disediakan untuk memastikan ketersediaan air bersih.

"Polda Sumbar juga menggunakan anjing pelacak (K9) dalam proses pencarian korban yang masih hilang serta menyediakan layanan trauma healing bagi para penyintas," jelas Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

Bencana banjir bandang dan lahar dingin ini telah menyebabkan kerugian besar, baik dari segi korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur. Upaya keras terus dilakukan oleh Polda Sumbar dan instansi terkait untuk mengatasi dampak bencana dan memberikan bantuan maksimal kepada masyarakat yang terdampak. Situasi ini mengingatkan kita semua akan pentingnya kesiapsiagaan dan solidaritas dalam menghadapi bencana alam. 

Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk saling bahu-membahu dalam masa sulit ini, serta berharap proses pencarian dan evakuasi korban bisa segera selesai dengan hasil yang terbaik. 

(*)

#BencanaAlam #Peristiwa #PoldaSumbar #Sumbar

No comments