Breaking News

Tim DVI Anti Mortem Dokkes Polda Sumbar Tanggap Tangani Korban Banjir Bandang

Polda Sumbar Buka Pos Anti Mortem Untuk Identitas Korban Banjir Bandang 

D'On, Sumbar,-
Banjir bandang yang menghantam beberapa wilayah di Sumatera Barat membawa dampak yang sangat besar, menelan korban jiwa dan menghancurkan banyak infrastruktur. Namun, di tengah situasi ini, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Anti Mortem dari Dokkes Polda Sumatera Barat menunjukkan tanggap darurat yang luar biasa.

Misi Kemanusiaan: Identifikasi Korban dengan Cepat dan Akurat

Sejak hari pertama bencana, Tim DVI Anti Mortem yang terdiri dari para ahli forensik, dokter gigi, ahli DNA, dan psikolog telah bekerja di lapangan. Mereka fokus pada identifikasi korban meninggal dunia, menggunakan metode pemeriksaan sidik jari, pencocokan data gigi, dan analisis DNA. "Proses identifikasi ini sangat krusial," ujar Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan. "Ini memberi kepastian kepada keluarga korban serta mendukung administrasi dan penegakan hukum."

Tim bekerja dengan efisiensi tinggi, memastikan setiap korban dapat diidentifikasi dengan cepat dan akurat. Mereka juga menjalin kerjasama erat dengan pemerintah daerah, relawan, dan organisasi kemanusiaan untuk memperlancar proses identifikasi dan penanganan korban.

Pelayanan Medis dan Dukungan Psikologis: Dua Pilar Penting

Tidak hanya fokus pada identifikasi, tim medis juga menyediakan layanan kesehatan darurat bagi para korban yang selamat. Banyak korban mengalami luka-luka serius dan membutuhkan perawatan segera. Tim medis dari Dokkes Polda Sumbar dilengkapi dengan peralatan medis dan obat-obatan untuk menangani berbagai macam cedera dan penyakit.

Di sisi lain, tim psikolog memainkan peran kunci dalam memberikan dukungan mental bagi para korban. Trauma pasca bencana adalah tantangan besar, dan dukungan psikologis sangat diperlukan untuk membantu korban pulih secara emosional. "Para korban membutuhkan perawatan fisik dan dukungan psikologis untuk pulih dari trauma," jelas Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

Kerja Keras dan Dedikasi Tanpa Henti

Keberadaan tim DVI Anti Mortem di lokasi bencana menunjukkan pentingnya kesiapan dan respon cepat dalam situasi darurat. Dengan dedikasi tinggi, mereka bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap korban dapat teridentifikasi dan mendapatkan penanganan yang layak. Kombes Pol Dwi Sulistyawan menekankan pentingnya kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengurangi dampak bencana dan memberikan ketenangan bagi keluarga yang kehilangan anggota.

Menatap Masa Depan dengan Harapan

Kegiatan tim DVI Anti Mortem Dokkes Polda Sumbar adalah bagian integral dari upaya besar dalam menangani dampak banjir bandang di Sumatera Barat. Ini adalah bukti nyata betapa pentingnya kesiapan dan kecepatan respon dalam menghadapi bencana. Dengan kerja keras dan dedikasi, tim DVI berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat terdampak, membantu mengurangi penderitaan, dan mempercepat proses pemulihan.

Di tengah duka dan kehancuran akibat banjir bandang, kerja keras dan dedikasi tim DVI Anti Mortem Dokkes Polda Sumbar memberikan harapan dan optimisme. Mereka menunjukkan bahwa dalam setiap bencana, ada cahaya harapan dan upaya untuk bangkit kembali.

(*)

#PoldaSumbar #BencanaAlam 

No comments