Breaking News

Perpustakaan SMAN 5 Padang Raih Penghargaan Terbaik Kedua se-Sumbar

Perpustakaan SMAN 5 Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Perpustakaan Mutiara Qalbu milik SMAN 5 Padang berhasil meraih juara kedua sebagai perpustakaan terbaik antar SMA/SMK/MA se-Sumatera Barat. Prestasi ini diumumkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat yang terbit pada tanggal 27 Mei 2024. Penghargaan ini menjadi bukti nyata dedikasi dan kerja keras dalam mengembangkan fasilitas perpustakaan sekolah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. "Tentunya kita bersyukur dengan prestasi yang diraih perpustakaan SMAN 5. Pembinaan yang selama ini kita berikan akhirnya membuahkan hasil gemilang," ungkapnya saat diwawancarai pada Senin (27/5/2024).

Feri Mulyani menjelaskan bahwa perpustakaan Mutiara Qalbu memang memiliki keunggulan dibanding perpustakaan sekolah lainnya. Struktur keorganisasian yang lengkap serta ruang pustaka yang luas dan nyaman menjadi faktor penentu keberhasilan ini. "Sebelum lomba kemarin, kita terus mendorong dan membina agar pustaka SMAN 5 memiliki organisasi dan administrasi yang lengkap. Pustaka ini dipimpin oleh kepala pustaka, didukung oleh tenaga administrasi, pustakawan, serta memiliki koleksi buku yang lengkap. Pada akhirnya, SMAN 5 meraih juara kedua," katanya dengan bangga.

Lebih lanjut, Feri Mulyani menambahkan bahwa perpustakaan SMAN 5 telah terakreditasi dengan nilai A dan memiliki nomor induk pustaka. "Pustaka ini memiliki aturan dan regulasi yang lengkap, karena itu pustaka yang berada di Balaibaru termasuk yang terbaik di Padang," jelasnya.

Feri Mulyani juga mengimbau kepada seluruh sekolah di Padang untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat utama bagi siswa dalam membaca dan belajar. Ia menekankan pentingnya perpustakaan dalam pembelajaran literasi. "Di sejumlah sekolah, banyak yang meletakkan posisi pustaka di sudut sekolah, seolah tidak utama. Padahal pustaka itu sangat penting sebagai tempat pembelajaran literasi," ujarnya.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain untuk terus meningkatkan kualitas perpustakaan mereka. Perpustakaan bukan hanya sekadar tempat penyimpanan buku, tetapi juga pusat pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Dengan dukungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, diharapkan semakin banyak perpustakaan sekolah yang meraih prestasi dan menjadi pusat literasi yang unggul. 

(*)

#Pustaka #Padang 

No comments