Breaking News

Peringati Hari Lahir Pancasila, Warga Padang Diimbau Kibarkan Bendera Merah Putih Setiang Penuh

Peringati Hari Lahir Pancasila Warga Padang Dihimbau Kibarkan Bendera Merah Putih Setiang Penuh

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni mendatang, Pemerintah Kota Padang mengeluarkan imbauan resmi kepada seluruh warga kota untuk mengibarkan bendera Merah Putih setiang penuh. Imbauan ini disampaikan melalui Surat Edaran Wali Kota Padang Nomor: 200.1/24/Kesbangpol-Pdg/2024 tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Tarmizi, perwakilan dari pemerintah kota, menyatakan dalam wawancara di Balaikota pada Jumat (31/5/2024), bahwa pengibaran bendera Merah Putih ini merupakan simbol rasa nasionalisme dan penghormatan terhadap nilai-nilai Pancasila. "Kami mengimbau seluruh warga Kota Padang untuk mengibarkan bendera Merah Putih sebagai wujud rasa nasionalisme dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2024 ini," ujarnya.

Tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila ke-24 mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045." Tema ini mencerminkan harapan besar bahwa semangat Pancasila akan menjadi landasan kuat bagi bangsa Indonesia dalam mencapai kemajuan dan kejayaan pada tahun 2045, tepat saat Indonesia merayakan 100 tahun kemerdekaannya.

Untuk memperingati momen penting ini, Pemerintah Kota Padang akan menggelar upacara pada Sabtu (1/6/2024) di Lapangan Upacara Balaikota Padang di Aie Pacah. Upacara tersebut akan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Padang. Salah satu highlight dari upacara ini adalah penampilan tim Paskibraka Kota Padang yang akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih.

"Kami telah menggelar gladi bersih hari ini (Jumat), sebagai persiapan akhir dari tim Paskibraka. Ini merupakan tugas akhir mereka sebelum dikukuhkan menjadi Duta Purna Paskibra dan Pancasila. Dari kegiatan ini, kita akan evaluasi kematangan mereka untuk upacara besok (Sabtu)," kata Tarmizi.

Ia juga menambahkan bahwa diharapkan peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. "Upacara yang dilaksanakan nanti bukan hanya seremonial belaka, tetapi dimaknai sebagai bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara," tegasnya.

Persiapan matang dan antusiasme yang tinggi dari warga dan pemerintah Kota Padang diharapkan akan menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini sebagai momen yang membangkitkan semangat nasionalisme dan kesatuan bangsa, selaras dengan tema besar menuju Indonesia Emas 2045.

(*)

#HariLahirPancasila #Padang

No comments