Breaking News

Penyerahan Bantuan KUBE di Kota Padang: Mendorong Kemampuan Ekonomi dan Kemandirian

Penyerahan Bantuan KUBE dari Dinas Sosial Kota Padang

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam upaya meningkatkan kapasitas ekonomi dan kemandirian kelompok usaha di Kota Padang, Dinas Sosial menggelar acara penyerahan bantuan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Aula Pertemuan Dinas Sosial Kota Padang pada Rabu, 8 April 2024. Kegiatan ini, yang didasarkan pada Peraturan Menteri Sosial Nomor 2 Tahun 2019, menandai komitmen Pemerintah Kota Padang dalam memberdayakan fakir miskin untuk mengembangkan keterampilan dasar dan berwirausaha.

Menurut Permensos Nomor 2 Tahun 2019, KUBE adalah inisiatif keluarga kurang mampu yang bertujuan untuk menjalankan usaha ekonomi produktif demi meningkatkan pendapatan keluarga. Dalam konteks ini, acara penyerahan bantuan KUBE merupakan wujud perhatian dari Wali Kota Hendri Septa dan Pemerintah Kota Padang terhadap warga setempat, dengan menyediakan barang-barang produktif yang mendukung kegiatan ekonomi kelompok usaha di kota ini.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas fakir miskin dalam meningkatkan pendapatan dan keterampilan berwirausaha, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka secara mandiri, serta memperkuat jaringan sosial di masyarakat," kata Sekretaris Dinas Sosial Kota Padang, Budi Kurniawan. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin, Dasmiral, serta Camat Padang Timur, Diko Eko Putra.

Sasaran utama kegiatan ini adalah beberapa kelompok usaha bersama (KUBE) di Kota Padang, antara lain KUBE Allasko dari Kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan, KUBE Dapur Rang Awak dari Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Kecamatan Padang Timur, KUBE Seyrama dari Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo, KUBE Parmasi dari Kelurahan Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah, dan KUBE Gates Sejahtera dari Kelurahan Bungus Barat Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Dengan demikian, acara penyerahan bantuan KUBE ini bukan hanya sebagai bantuan semata, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam membangun potensi ekonomi lokal dan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Kota Padang.

(Mond)

#DinasSosial #Padang

No comments