Breaking News

Pemko Padang Gencar Dorong Pelaku Usaha untuk Memperoleh Sertifikasi Halal


D'On, Padang (Sumbar),-
Pemerintah Kota Padang memperkuat upaya untuk meningkatkan kesadaran pelaku usaha akan pentingnya sertifikasi halal bagi produk-produk yang dihasilkan. Dalam sebuah rapat yang dipimpin oleh Asisten II Setdako Padang, Didi Aryadi, pada Rabu (8/5/2024), disoroti bahwa masih banyak pelaku usaha, terutama dari sektor industri kecil, menengah, dan mikro, yang belum mengurus sertifikasi halal untuk produk-produk mereka.

Menurut Didi, mendaftarkan usaha untuk mendapatkan sertifikasi halal bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga memberikan jaminan kepada konsumen akan kehalalan produk tersebut. Hal ini tidak hanya menciptakan kepercayaan konsumen, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi pelaku usaha dengan membuka peluang pasar yang lebih luas.

Indra Noveri, Kepala Bagian Perekonomian dan PSDA Setdako Padang, menambahkan bahwa dari data yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UMKM, setengah dari 43.229 UMKM yang ada di Padang belum memiliki sertifikasi halal. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah setempat melihat potensi dalam tenaga pendamping di kelurahan sebagai agen untuk memberikan edukasi tentang pentingnya sertifikasi halal kepada masyarakat.

Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya animo masyarakat dalam mengurus sertifikasi halal. Andra, Koordinator Halal PT Sucofindo, mengakui kurangnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang tahapan dan manfaat dari sertifikasi halal. 

Dalam upaya memperbaiki situasi ini, Pemko Padang mengharapkan pelaku usaha yang telah mendapatkan sertifikasi halal dapat menjadi agen yang memotivasi pelaku usaha lainnya untuk mengurus sertifikasi tersebut.

Rapat Sertifikasi Halal juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai OPD di Pemko Padang, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Perikanan dan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Kominfo. Hadirnya perwakilan dari Perusahaan Daerah Air Minum Padang dan BPJPH Kemenag Padang menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sertifikasi halal di Padang.

(Mond)

#Padang

No comments