Breaking News

Pemko Padang Salurkan Bantuan Kepada Lansia: Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia

Diperingatan HLUN ke 28 Pemko Padang Saluran Bantuan Kepda Lansia 

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-28 di tingkat Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Padang mengadakan acara penyaluran bantuan kepada warga lanjut usia (lansia). Bantuan tersebut terdiri dari Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan bantuan permakanan, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan lansia di Kota Padang.

Penjabat Wali Kota Padang, Andree Algamar, menekankan pentingnya menghargai dan memperhatikan orang tua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat menghargai orang tua. Dalam membangun sistem kehidupan, kita selalu menekankan dan mengutamakan ikatan kekeluargaan yang berlandaskan nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya," ujar Andree.

Ia menambahkan bahwa pada fase lanjut usia, kualitas hidup dalam hampir semua aspek mengalami penurunan. Kemampuan fisik dan mental yang menurun seringkali berdampak pada produktivitas. Namun, Andree juga menekankan bahwa lansia memiliki pengetahuan, pengalaman, dan kearifan yang luas, yang dapat dimanfaatkan dalam pembangunan nasional.

"Menjadikan lansia sejahtera lahir dan batin bukan saja tugas dan tanggung jawab instansi pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab institusi masyarakat, termasuk organisasi sosial, organisasi profesi, dunia akademi, dunia usaha, dan semua unsur masyarakat," tegas Andree.

Bantuan yang disalurkan mencakup Bantuan Usaha Ekonomi Produktif yang diberikan kepada 11 orang lansia, masing-masing menerima Rp6.072.000. Selain itu, bantuan permakanan diberikan kepada 110 orang lansia, masing-masing menerima Rp489.500. Secara keseluruhan, total bantuan yang disalurkan mencapai Rp120.637.000.

"Bantuan ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan lansia. Mari kita sambut Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2024 dengan tekad untuk mewujudkan lansia yang sejahtera di masa kini dan yang akan datang," harap Andree.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan memberikan bantuan materiil, tetapi juga menunjukkan kepedulian dan penghargaan terhadap lansia yang telah berkontribusi dalam masyarakat. Harapannya, bantuan ini dapat memberikan manfaat nyata dan mendorong partisipasi aktif lansia dalam kehidupan sosial dan ekonomi.

(*)

#HLUN #Padang #Lansia

No comments