Breaking News

Pasca Banjir Sumatra Barat: Upaya Pemulihan Cepat Ruas Jalan Padang Panjang-Sicincin oleh PT Hutama Karya Infrastruktur

Ruas Jalan Batas Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040) mengalami kerusakan parah akibat banjir. (Dok Kementerian PUPR)

D'On, Sumatera Barat,-
Sumatra Barat baru saja dilanda bencana banjir yang mengakibatkan kerusakan parah pada infrastruktur jalan. Salah satu yang paling terdampak adalah ruas Jalan Batas Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040). Untuk mempercepat pemulihan, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatra Barat Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR menunjuk PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) untuk menangani kerusakan pada jalan tersebut.

Kerusakan di ruas jalan sepanjang 6 kilometer ini sangat parah hingga tak dapat dilalui, membuat transportasi terhenti total. "HKI diberikan amanah untuk membantu pemulihan pasca bencana di Jalan Batas Kota Padang Panjang-Sicincin, dimana terdapat sepuluh titik yang perlu segera ditangani," ungkap Eka Satriades, Project Manager Penanganan Jalan Batas Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040), Senin (27/5/2024).

Penanganan ini dimulai pada Mei 2024 dan ditargetkan rampung pada akhir Juli 2024. Saat ini, HKI fokus mengerjakan titik di Km 64, terutama di Km 64+100 dan 64+200, yang mengalami kerusakan paling parah akibat banjir. Kedua titik tersebut menjadi prioritas utama karena kondisi jalan yang putus total.

Sejak banjir menghantam, HKI segera melakukan mobilisasi alat-alat berat seperti excavator dan alat pendukung lainnya dari proyek-proyek terdekat. Langkah pertama adalah membersihkan sisa material akibat terjangan banjir. "Kini, HKI tengah melaksanakan sejumlah pekerjaan seperti normalisasi sungai dan menimbun badan jalan, agar jalan segera dapat digunakan secara fungsional oleh masyarakat setempat," jelas Eka.

Namun, tantangan besar menghadang upaya pemulihan ini. Lokasi titik-titik penanganan yang terdampak banjir sulit dijangkau, terutama karena akses yang terputus dan kondisi cuaca yang masih sering hujan. Eka menambahkan bahwa medan yang sulit dan cuaca buruk memperlambat proses pemulihan.

"Meski demikian, kami berkomitmen untuk memberikan upaya terbaik agar Ruas Jalan Batas Kota Padang Panjang-Sicincin bisa segera kembali digunakan oleh masyarakat. Kami mohon doa restu dan dukungan dari berbagai pihak agar semua berjalan dengan lancar," tutur Eka.

Upaya cepat tanggap dan kerja keras dari PT Hutama Karya Infrastruktur diharapkan dapat memulihkan kembali ruas jalan vital ini, mengembalikan mobilitas dan ekonomi warga Sumatra Barat yang terdampak banjir. Semua mata kini tertuju pada progres pemulihan ini, dengan harapan besar bahwa akhir Juli 2024, jalan tersebut sudah dapat dilalui kembali, menghubungkan kembali kehidupan yang sempat terputus.

(Mond)

#Infrastruktur #SumateraBarat

No comments