Breaking News

Pasar Raya Padang Semakin Rapi, Penertiban Pedagang Terus Berlanjut

Petugas Gabungan Tertibkan PKL Pasarraya agar Terlihat Rapi dan Nyaman 

D'On, Padang (Sumbar),-
Pasar Raya Padang kini semakin tertata dan rapi, berkat upaya bersama dari berbagai pihak. Penataan ini bertujuan untuk menciptakan suasana pasar yang nyaman bagi pengunjung. Tidak hanya dari pihak pemerintah, para pedagang pun turut serta dalam upaya ini. Mereka bahu-membahu merapikan lapak-lapak yang melanggar aturan, dengan harapan pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman dan aman.

Namun, di tengah upaya penertiban ini, masih ada segelintir pedagang yang tidak mematuhi aturan. Beberapa pedagang mulai berjualan di pagi hari sebelum waktu yang diperbolehkan. Bahkan, ada juga yang meninggalkan lapak-lapak mereka di badan jalan setelah selesai berjualan. Hal ini tentu mengganggu ketertiban dan kenyamanan pasar.

Rozaldi Rosman, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Padang, memberikan pernyataan tegas di lapangan. "Silakan berjualan sesuai waktu yang diperbolehkan sesuai keputusan Walikota No. 438 Tahun 2018 tentang lokasi dan jadwal usaha pedagang kaki lima di kawasan Pasar Raya Barat ini. Semua barang dagangan harus dibawa pulang setelah berjualan. Jika ditinggalkan, kami akan tertibkan," ujarnya, Rabu (22/5/2024).

Proses penataan Pasar Raya Padang ini melibatkan tim gabungan dari Satpol PP, Dinas Perdagangan, serta TNI dan Polri. Pada operasi kali ini, puluhan lapak pedagang yang melanggar aturan diangkut menggunakan mobil dalmas Satpol PP Padang. 

"Ada puluhan barang bukti yang kami amankan tadi, mulai dari lapak milik pedagang, kursi, meja, hingga payung yang sedang terpasang. Semua barang tersebut kami jadikan barang bukti dan sudah diserahkan ke Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk didata dan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku," jelas Rozaldi.

Rozaldi berharap, semua pedagang di Pasar Raya Padang dapat mematuhi aturan yang berlaku. Dengan kepatuhan ini, diharapkan pasar menjadi tertib, aman, dan nyaman, serta ramai dikunjungi pembeli. Penertiban ini tidak hanya untuk kepentingan pemerintah, tetapi juga demi kesejahteraan bersama para pedagang dan kenyamanan konsumen.

Penertiban ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Kota Padang dalam menciptakan lingkungan pasar yang kondusif. Ini juga membuktikan bahwa dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan pedagang, masalah ketertiban di pasar dapat diatasi. Harapannya, Pasar Raya Padang bisa menjadi contoh pasar yang tertib dan nyaman di Indonesia.

(Mond)

#PolPP #Padang #Pasarraya

No comments