Breaking News

Manfaatkan Sampah Jadi Berkah: Relawan Bakti BUMN Edukasi Masyarakat Padang


D'On, Padang (Sumbar),-
Sampah selalu menjadi masalah yang dihadapi setiap daerah. Untuk mengubah sampah menjadi berkah, PT Pegadaian melaksanakan program edukasi bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Salah satu inisiatif ini berlangsung di Kota Padang, di mana PT Pegadaian bersama sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membentuk tim Relawan Bakti BUMN. Tim ini mengedukasi warga tentang manfaat sampah, terutama di Kecamatan Kuranji. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari 20 hingga 22 Mei 2024, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat dalam mengelola sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Kehadiran Relawan Bakti BUMN di Kecamatan Kuranji mendapat apresiasi dari Penjabat Wali Kota Padang, Andree Algamar. Ia menyampaikan bahwa relawan-relawan tersebut telah memberikan edukasi yang berharga mengenai pemilahan sampah untuk Bank Sampah di Kecamatan Kuranji. Selain itu, mereka juga mengedukasi anak-anak sekolah tentang stunting dan mengadakan berbagai kegiatan lainnya.

"Kami atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada PT Pegadaian yang berkolaborasi dengan BUMN karena telah menyelenggarakan kegiatan Program Bakti BUMN Batch V di Kecamatan Kuranji ini," ujar Andree Algamar pada Rabu (22/5/2024).

Andree menambahkan bahwa kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch V ini tidak hanya bertujuan memperbaiki kondisi sosial dan lingkungan, tetapi juga menjadi contoh kolaborasi yang baik antara pemerintah dan perusahaan dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat.

Program ini merupakan bagian dari kolaborasi antara PT Pegadaian dan Kementerian BUMN, memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai Kementerian BUMN dan grup BUMN untuk menjadi sukarelawan dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui Relawan Bakti BUMN Batch V. Kecamatan Kuranji, Kota Padang, terpilih sebagai salah satu dari sepuluh kabupaten/kota yang menjadi pusat kegiatan tersebut.

Executive Vice President TJSL PT Pegadaian, Rully Yusuf, mengungkapkan bahwa kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch V di Kuranji berjalan dengan lancar. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah memberikan kesempatan bagi relawan BUMN untuk mengabdi dan memberikan edukasi kepada masyarakat selama tiga hari.

"Alhamdulillah, di Kota Padang kami memiliki beberapa kegiatan, salah satunya adalah tanggung jawab sosial melalui Bank Sampah Panca Daya yang berlokasi di belakang Kantor Camat Kuranji. Kami berharap kegiatan ini dapat membiasakan perubahan mindset agar masyarakat dapat memilah sampah dengan lebih baik," pungkas Rully.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting, termasuk Koordinator TJSL Kementerian BUMN Hera Zera, Direktur PT Raja Wali Nusantara Indonesia BUMN Pangan Id Food Bernadetta Raras, Direktur Utama BGR Syeilendra, Ketua BSI Panca Daya Mina Dewi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Fadelan, Camat Kuranji Rido Satria, dan lainnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat Padang, khususnya di Kecamatan Kuranji, dapat lebih sadar akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan dapat memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai, memberikan dampak positif bagi lingkungan dan kehidupan sosial mereka.

(*)

#Padang #BUMN

No comments