Breaking News

Korban Serangan OPM: TNI-Polri Berhasil Evakuasi Jenazah dari Wilayah Konflik

Korban Penembakan OPM Dievakuasi ke Timika oleh Tim Gabungan TNI-Polri

D'On, Timika (Papua),-
Pasukan gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi jenazah Alexsander Parapak, korban penembakan oleh Kelompok Separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, pada Sabtu (4/5/2024). Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard TH Tampubolon, menyampaikan bahwa evakuasi tersebut merupakan upaya untuk menghormati korban tragedi yang terjadi pada Selasa, 30 April 2024, saat OPM menyerang Polsek Homeyo.

"Dampak serangan OPM selama tiga hari di Homeyo, menurut Richard, telah menimbulkan ketakutan bagi masyarakat setempat. Bahkan ada beberapa warga yang mengungsi ke tempat lebih aman." - Pernyataan ini menggambarkan dampak psikologis yang dirasakan oleh masyarakat setempat akibat serangan tersebut.

Selain itu, Richard menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa dari pihak aparat keamanan dalam serangan tersebut. Namun, OPM juga melakukan tindakan destruktif dengan membakar SDN Inpres Pogapa pada Rabu, 1 Mei 2024, menambah kerugian dan ketakutan bagi masyarakat setempat.

Namun, upaya penindakan terhadap OPM oleh TNI-Polri pada Jumat, 3 Mei 2024, di wilayah Distrik Homeyo telah memberikan harapan baru bagi masyarakat. Melalui operasi yang melibatkan satuan jajaran Koops TNI Habema dan Satgas Nanggala Damai Cartenz, situasi keamanan mulai pulih, dan aktivitas masyarakat berangsur-angsur kembali normal.

"Pada Jumat (3/5/2024), TNI-Polri telah berhasil melancarkan operasi penindakan terhadap OPM di wilayah Distrik Homeyo." - Pernyataan ini menunjukkan upaya keras pemerintah dalam menanggapi ancaman keamanan di wilayah tersebut.

Panglima Kogabwilhan III juga menegaskan bahwa operasi penindakan tersebut merupakan bagian dari upaya menciptakan keamanan wilayah yang mendukung percepatan pembangunan Papua. Dengan demikian, berita ini memberikan gambaran menyeluruh tentang konflik yang terjadi di Papua Tengah serta upaya yang dilakukan oleh pihak berwenang untuk mengatasi situasi tersebut demi keamanan dan kemajuan daerah.

(*)

#TNI #OPM #Peristiwa

No comments