Breaking News

Kodim 0304/Agam Bergerak Cepat Evakuasi Korban Banjir Bandang

Kodim 0304/Agam turut serta dalam upaya evakuasi warga yang terkena dampak banjir bandang

D'On, Agam (Sumbar),-
Tim Gabungan TNI Kodim 0304/Agam turut serta dalam upaya evakuasi warga yang terkena dampak banjir bandang di Nagari Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Minggu, 12 Mei 2023. Dalam aksi kemanusiaan ini, Dandim 0304/Agam, Letkol Arm Bayu Ardhitya Nugroho, SH., M.Han, menyampaikan bahwa hingga saat ini telah berhasil dievakuasi 40 korban banjir, namun disayangkan 18 di antaranya telah meninggal dunia. Dari jumlah tersebut, mayoritas adalah perempuan, anak-anak, dan lansia yang rentan terhadap bencana alam.

Evakuasi dilakukan dengan menyelamatkan warga yang terperangkap dalam banjir bandang dan memastikan mereka mendapatkan pertolongan medis yang tepat. Saat ini, 22 korban telah dirawat di Rumah Sakit Achmad Muchtar, Kota Bukittinggi, untuk perawatan lebih lanjut.

Kondisi terparah terjadi di Nagari Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, namun ada juga titik-titik lain yang terdampak banjir bandang dan longsor di wilayah Kodim 0304/Agam, seperti Kecamatan Sungai Puar, Palupuh, dan Ampek Koto. Dandim 0304/Agam menegaskan bahwa Kodim telah melakukan siaga bencana dan mengirimkan personel ke setiap daerah yang terkena dampak untuk membantu proses evakuasi dan pemulihan.

Selain upaya evakuasi, pihak TNI juga aktif dalam memberikan bantuan logistik dan medis kepada korban serta memastikan bahwa bantuan tersebut tersebar secara merata di seluruh wilayah yang terdampak bencana. Dandim 0304/Agam menekankan pentingnya kerjasama antarinstansi dan partisipasi masyarakat dalam menghadapi bencana alam demi meminimalkan kerugian yang ditimbulkan.

(Mond)

#TNI #Peristiwa #BencanaAlam

No comments