Breaking News

Keutamaan Surat Al-Mulk: Penjelasan Lengkap Berdasarkan Hadits-Hadits Shahih dan Hasan

Ilustrasi 

Dirgantaraonline,-
Surat Al-Mulk, surat ke-67 dalam Al-Quran, memiliki banyak keutamaan yang disebutkan dalam berbagai hadits shahih dan hasan. Surat yang terdiri dari 30 ayat ini memiliki kandungan yang mendalam tentang kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa keutamaan Surat Al-Mulk yang diambil dari hadits-hadits terpercaya:

1. Menghapus Dosa-Dosa

Salah satu keutamaan membaca Surat Al-Mulk adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Dalam sebuah hadits disebutkan:

"Barangsiapa membaca 'Tabaarakalladzii biyadihil mulk' setiap malam, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya."

Dalam bahasa Arab, hadits ini berbunyi:

"مَنْ قَرَأَ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ كُلَّ لَيْلَةٍ غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوبُهُ."

2. Menyelamatkan dari Adzab Kubur

Membaca Surat Al-Mulk setiap malam juga dapat menyelamatkan seseorang dari adzab kubur. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut:

"Surat Al-Mulk adalah surat yang dapat menghalangi adzab kubur bagi orang yang membacanya setiap malam."

Dalam bahasa Arab, hadits ini berbunyi:

**"إِنَّ سُورَةَ الْمُلْكِ تُنْجِي مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ."**

3. Menyelamatkan dari Neraka

Keutamaan lainnya adalah menyelamatkan pembacanya dari siksa neraka. Rasulullah SAW bersabda:

"Ada surat dalam Al-Quran yang terdiri dari tiga puluh ayat, yang akan memberikan syafa'at bagi orang yang membacanya sampai dia diampuni. Yaitu Surat Al-Mulk."

Dalam bahasa Arab, hadits ini berbunyi:

**"إِنَّ سُورَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلَاثُونَ آيَةً، شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِيَ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ."**

4. Memasukkan ke Surga

Membaca Surat Al-Mulk setiap malam juga dapat menjadi salah satu sebab seseorang dimasukkan ke dalam surga. Hal ini disebutkan dalam hadits berikut:

"Barangsiapa membaca Surat Al-Mulk setiap malam, maka surat tersebut akan menjadi pelindung dan penyelamat baginya dari siksa neraka dan memasukkannya ke surga."

Dalam bahasa Arab, hadits ini berbunyi:

"مَنْ قَرَأَ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ كُلَّ لَيْلَةٍ، كَانَتْ لَهُ وَقَاءً وَنَجَاةً مِنْ عَذَابِ النَّارِ وَأَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ."

5. Dicatat Beramal Kebaikan yang Banyak

Keutamaan lainnya adalah bahwa setiap kali membaca Surat Al-Mulk, seseorang akan dicatat beramal kebaikan yang banyak. Dalam sebuah hadits disebutkan:

Barangsiapa membaca Surat Al-Mulk setiap malam, maka ia dicatat beramal kebaikan yang banyak oleh Allah SWT."

Dalam bahasa Arab, hadits ini berbunyi:

"مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْمُلْكِ كُلَّ لَيْلَةٍ، كُتِبَ لَهُ أَجْرُ أَعْمَالٍ صَالِحَةٍ كَثِيرَةٍ."

Keutamaan-keutamaan Surat Al-Mulk yang telah disebutkan di atas menunjukkan betapa besar manfaat membaca dan mengamalkan surat ini dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca Surat Al-Mulk setiap malam, kita tidak hanya mendapatkan pengampunan dosa, tetapi juga perlindungan dari adzab kubur, penyelamatan dari neraka, dan kesempatan untuk masuk surga. Selain itu, kita juga akan dicatat sebagai orang yang beramal kebaikan yang banyak. Marilah kita menjadikan membaca Surat Al-Mulk sebagai amalan rutin dalam kehidupan kita agar dapat meraih semua keutamaan yang telah dijanjikan.

(Rini)

#Religi #Islami #KeutamaanSuratAlMulk

No comments