Breaking News

Kepala Satpol PP Kota Padang Kunjungi SMPN 27 untuk Meminimalisir Aksi Tawuran Pelajar

Kasatpol PP Padang Sosialisasikan PELATNAL di SMPN 27 Padang, Jumat (31/5/2024)

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam upaya untuk menekan angka tawuran di kalangan pelajar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Chandra Eka Putra, S.IP, M.Si., mengunjungi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 27 di Kota Padang pada Jumat (31/5/24). Kunjungan ini merupakan bagian dari program strategis Satpol PP untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di kota Padang.

Sosialisasi dan Edukasi di Sekolah

Chandra menekankan pentingnya sosialisasi dan edukasi bagi para siswa untuk mencegah keterlibatan mereka dalam aksi tawuran. "Kami berkomitmen untuk menjaga masa depan generasi muda dan nama baik sekolah-sekolah di Kota Padang," ujar Chandra. Dia menambahkan bahwa tawuran tidak hanya merusak masa depan siswa, tetapi juga mencemarkan nama baik institusi pendidikan.

Program Inovatif "PELATNAL"

Salah satu inisiatif utama yang diperkenalkan oleh Satpol PP Kota Padang adalah program "PELATNAL" (Pelopor Anti Tawuran dan Kriminal). Program ini bertujuan untuk membentuk siswa-siswa di sekolah-sekolah sebagai agen perubahan yang dapat menyampaikan pesan anti tawuran dan kriminalitas kepada teman-teman mereka.

"Kita membentuk pelajar Pelopor Anti Tawuran dan Kriminal di sekolah-sekolah. Tugas mereka adalah sebagai perpanjangan tangan dari Satpol PP untuk menyampaikan kepada pelajar lainnya agar menghindari aksi tawuran serta kriminalitas," jelas Chandra.

Kolaborasi dengan Masyarakat

Dalam kunjungannya, Chandra juga mengajak seluruh warga Kota Padang, termasuk siswa, guru, dan wali murid, untuk bersama-sama mewujudkan dan menyukseskan inovasi yang sedang digagas. "Kita mulai dari mengingatkan anak-anak kita agar jangan ikut aksi tawuran dan kriminal, karena ini akan berdampak merugikan diri sendiri dan orang lain. Ingat, anak-anak kita ini adalah penerus atau regenerasi kita di masa depan. Maka perlu kita jaga dengan baik menuju Indonesia emas 2045," tambahnya.

Chandra juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan jika mengetahui adanya tindak tawuran antar pelajar melalui Padang Command Center (PCC) di nomor 112, agar dapat segera ditindaklanjuti.

Dukungan dari SMPN 27 Padang

Kepala SMPN 27 Padang, Drs. Erinaldi, menyambut baik kedatangan Satpol PP dan implementasi program Pelatnal di sekolahnya. "Alhamdulillah, kami sangat terbantu dengan hadirnya Satpol PP di sekolah kami. Dengan adanya inovasi ini, mudah-mudahan dapat terwujud dan berjalan dengan baik. Semoga aksi tawuran di Kota Padang bisa kita reda," ungkapnya dengan penuh harapan.

Harapan untuk Masa Depan

Melalui kunjungan ini, Satpol PP Kota Padang berharap dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan kondusif, serta membangun generasi muda yang lebih bertanggung jawab dan bebas dari tindakan kriminalitas. Program Pelatnal diharapkan menjadi model bagi sekolah-sekolah lainnya dalam upaya preventif terhadap aksi tawuran dan kriminal di kalangan pelajar.

Dengan kolaborasi antara pihak sekolah, Satpol PP, dan masyarakat, diharapkan Kota Padang dapat menjadi contoh kota yang berhasil dalam menjaga ketertiban dan ketentraman umum, serta mendidik generasi muda yang berkualitas menuju Indonesia emas 2045.

(Mond)

#PolPP #Padang 

No comments