Breaking News

Jelang Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Stunting, Pemko Padang Siapkan Strategi Terpadu


D'On, Padang (Sumbar),-
Menjelang penilaian kinerja pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2023, Pemerintah Kota Padang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan berbagai persiapan strategis. Pada Senin, 20 Mei 2024, di Ruang Sidang Graha Perencana Zuiyen Rais II, lantai I Kantor Bappeda Padang, digelar rapat persiapan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Padang, Maihendrizon.

Fokus Persiapan Teknis dan Koordinasi OPD Terkait

Maihendrizon menjelaskan bahwa rapat ini bertujuan untuk mempersiapkan secara teknis segala aspek yang diperlukan dalam penilaian kinerja pelaksanaan delapan aksi konvergensi stunting. "Kami meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mulai mempersiapkan segala bahan dan data yang diperlukan sesuai dengan petunjuk penilaian tahun 2022," ujarnya.

Keterlibatan Multi-Sektor dalam Penanganan Stunting

Dalam implementasi delapan aksi konvergensi stunting, beberapa OPD telah melakukan intervensi khusus dan spesifik. Dinas Kesehatan, misalnya, fokus pada intervensi spesifik untuk anak-anak yang berisiko stunting melalui pemberian makanan tambahan, pengukuran rutin, kegiatan posyandu, hingga penyuluhan kesehatan.

Di sisi lain, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bertugas mengaudit kasus stunting sekaligus melakukan pengkaderan untuk memberikan pendampingan di tingkat kelurahan. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) menangani sanitasi dan penyediaan air bersih, sementara Dinas Perikanan dan Pangan memberikan edukasi pengolahan makanan melalui Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan).

Kolaborasi dengan Sektor Pendidikan

Tidak kalah penting, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) turut berperan melalui pembinaan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). “Dalam persiapan ini, koordinasi antara OPD sangatlah penting untuk memastikan setiap aksi berjalan sesuai rencana dan target,” tambah Maihendrizon.

Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting

Delapan aksi konvergensi yang dimaksud meliputi:

1. Analisis situasi program penurunan stunting.

2. Penyusunan rencana kegiatan.

3. Rembuk stunting.

4. Penerbitan peraturan bupati/wali kota tentang percepatan penurunan stunting.

5. Pembinaan pelaku dan pemerintahan desa/kelurahan.

6. Sistem manajemen data stunting.

7. Pengukuran dan publikasi data stunting.

8. Review kinerja tahunan.

Dengan persiapan yang matang dan kolaborasi lintas sektor, Pemerintah Kota Padang berharap dapat mencapai hasil optimal dalam penilaian kinerja pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting tahun ini. "Kami optimis bahwa dengan upaya terpadu dan kerja keras semua pihak, target penurunan stunting dapat tercapai sesuai harapan," tutup Maihendrizon.

(MA/Charlie)

#Padang #Stunting

No comments