Breaking News

Eskalasi Kekerasan: KKB Kembali Berulah di Paniai, Papua

Sekolah Terbakar, Helm Warga Tersasar Tembakan

D'On, Paniai (Papua),-
Di tengah ketegangan yang melanda Papua, aksi kekerasan kembali mewarnai keseharian warga, kali ini di Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan serangan keji terhadap kios milik Arwin (34) pada Selasa (21/5/2024) malam, menunjukkan keberanian mereka yang semakin meningkat.

Menurut Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, insiden tragis ini bermula ketika dua anggota KKB menggunakan motor untuk singgah membeli rokok di kios Arwin. Namun, kedamaian itu segera tergantikan oleh ketakutan saat salah satu dari mereka menembak dengan senjata api, meskipun untungnya Arwin tidak terluka, hanya helmnya yang menjadi sasaran.

Namun, serangan itu tidak berhenti di situ. KKB kemudian membakar 12 petak kios di pertigaan Kopo, menambah deretan kejadian mengerikan yang melanda wilayah tersebut. Aparat keamanan segera merespons, namun ketika hendak mengevakuasi warga sipil, KKB kembali menyerang dengan menembak aparat keamanan, menciptakan kontak tembak yang mengancam nyawa.

Keberanian KKB semakin tidak terbendung. Pada pukul 02.55 WIT, mereka melanjutkan aksinya dengan membakar gedung sekolah PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo, menyebabkan kepanikan di kalangan masyarakat dan mengancam pendidikan anak-anak di wilayah tersebut.

Namun, di tengah kekacauan itu, ada cahaya harapan. Personel TNI-Polri berhasil mengevakuasi 23 orang, termasuk guru dan keluarganya, ke Mapolres Paniai. Meskipun kekerasan merebak di sekitar mereka, keberanian dan kesigapan aparat keamanan memberikan harapan bahwa wilayah tersebut tidak dibiarkan tunduk pada teror.

Saat ini, personel gabungan TNI-Polri tetap bersiaga di sekitar pertigaan Kopo, mengantisipasi kemungkinan serangan lanjutan dari KKB. Meskipun ketegangan masih menyelimuti, keberanian untuk melawan kekerasan dan memberikan perlindungan kepada warga menjadi pilar utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Papua.

(*)

#KKB #OPM #Teroris

No comments