Breaking News

Christian Rudi Kurniawan Menghimbau Warga Padang Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

Christian Rudi Kurniawan Anggota DPRD Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Christian Rudi Kurniawan, mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar senantiasa waspada terhadap cuaca ekstrem yang melanda kota Padang dalam beberapa hari terakhir. Dalam pesan yang disampaikan melalui aplikasi WhatsApp pada hari Selasa (22/5/2024), politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menekankan pentingnya kehati-hatian, terutama saat berkendara di tengah kondisi hujan deras.

Cuaca Ekstrem Melanda Padang

Kota Padang, yang terletak di pesisir barat Sumatera, telah mengalami perubahan cuaca yang signifikan, dengan intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang. Cuaca ekstrem ini tidak hanya berpotensi menyebabkan banjir, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas akibat jalanan yang licin dan visibilitas yang rendah. Beberapa wilayah di kota ini bahkan sudah melaporkan adanya genangan air yang cukup tinggi, menghambat aktivitas warga dan transportasi.

Christian Rudi Kurniawan, dalam pesannya, mengingatkan warga Padang untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca sebelum beraktivitas di luar rumah. "Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Padang agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap cuaca ekstrem ini. Terutama bagi para pengendara, mohon agar lebih berhati-hati saat berkendara di tengah hujan deras. Pastikan kondisi kendaraan layak jalan dan kurangi kecepatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Beliau juga mengingatkan agar masyarakat selalu memantau informasi terkini mengenai kondisi cuaca dari sumber-sumber yang terpercaya, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dengan begitu, masyarakat dapat mengantisipasi perubahan cuaca dan mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Dukungan dari Pemerintah Daerah

Menanggapi himbauan tersebut, Pemerintah Kota Padang telah mengambil langkah-langkah preventif untuk mengurangi dampak negatif dari cuaca ekstrem. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Padang, misalnya, telah mengerahkan tim untuk memeriksa dan membersihkan saluran-saluran drainase guna mencegah terjadinya banjir. Selain itu, tim tanggap darurat juga telah disiapkan untuk memberikan bantuan cepat apabila terjadi bencana.

Kesiapsiagaan Masyarakat

Selain itu, masyarakat juga diharapkan memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem. Beberapa langkah yang bisa diambil antara lain memastikan rumah dan lingkungan sekitar bebas dari potensi genangan air, memotong cabang-cabang pohon yang rapuh, dan menyimpan barang-barang penting di tempat yang aman. Masyarakat juga diimbau untuk tidak ragu meminta bantuan apabila mengalami kesulitan akibat kondisi cuaca.

Christian Rudi Kurniawan berharap, dengan adanya himbauan ini, masyarakat Padang dapat lebih waspada dan siap menghadapi tantangan cuaca ekstrem. "Kita semua harus saling bahu-membahu dalam menghadapi situasi ini. Mari kita jaga keselamatan diri dan keluarga kita, serta tetap waspada terhadap kondisi sekitar," tambahnya.

Cuaca ekstrem memang tidak bisa dihindari, namun dengan kesadaran dan kesiapsiagaan yang baik, dampak negatifnya bisa diminimalisir. Himbauan dari anggota DPRD ini menjadi pengingat penting bagi warga Padang untuk selalu waspada dan berhati-hati, demi keselamatan bersama.

(Mond)

#Padang #CuacaEkstrim #Hujan

No comments