Breaking News

BMKG Lakukan Modifikasi Cuaca di Sumatera Barat untuk Cegah Hujan Lebat di Lokasi Bencana

Kepala BMKG Dwikora

D'On, Sumatera Barat,-
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melakukan langkah luar biasa untuk mencegah hujan lebat di wilayah bencana banjir lahar dingin yang melanda Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengumumkan langkah ini saat mengunjungi lokasi bencana di Simpang Bukik, Nagari Bukik Batabuah, pada Selasa (14/5/2024).

Dwikorita mengungkapkan bahwa BMKG telah memberikan peringatan dini mengenai cuaca ekstrem sejak awal Mei. "Mulai tanggal 6 Mei 2024, peringatan dini cuaca ekstrem terus disampaikan dan diulang berkali-kali. Peringatan ini juga selalu diperbarui," ujarnya.

Menggunakan teknologi radar satelit, BMKG memantau kondisi cuaca dan memperingatkan bahwa hujan lebat masih akan terus terjadi hingga sepekan ke depan. "Informasi ini kami sampaikan berdasarkan data dari radar satelit yang menunjukkan bahwa hujan lebat akan terus turun secara berkesinambungan," tambahnya.

Untuk mengatasi ancaman ini, BMKG bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan menerapkan teknologi modifikasi cuaca. "Kami telah berkoordinasi dengan BNPB dan segera mengambil tindakan. Teknologi modifikasi cuaca telah diterapkan untuk mencegah awan hujan masuk ke wilayah bencana," jelas Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan lebih lanjut tentang pendekatan yang digunakan. Saat ini, awan hujan masih berada di laut, namun diperkirakan akan bergerak ke darat dan menyebabkan hujan sekitar pukul 13.00 WIB. "Pendekatannya adalah bagaimana mencegah awan hujan ini masuk ke darat atau wilayah bencana. Hari ini, operasi modifikasi cuaca sudah mulai bergerak," kata Dwikorita dengan penuh keyakinan.

Dengan teknologi ini, diharapkan awan hujan dapat diarahkan agar tidak jatuh di wilayah bencana, sehingga mengurangi risiko banjir lanjutan. Ini adalah upaya serius dari BMKG dan BNPB untuk melindungi masyarakat dan mencegah kerugian lebih lanjut akibat cuaca ekstrem.

Tindakan cepat dan tepat BMKG dalam menangani bencana cuaca ini menunjukkan komitmen kuat untuk melindungi warga dan mengurangi dampak dari bencana alam. Masyarakat diharapkan tetap waspada dan mengikuti informasi terbaru dari BMKG untuk keselamatan bersama.

(Mond)

#BMKG #Cuaca #SumateraBarat

No comments