Breaking News

Antisipasi Dampak Bencana, Kecamatan Bungtekab Segera Bangun Gudang Logistik Strategis

Antisipasi Dampak Bencana, Kecamatan Bungtekab Akan Bangun Gudang Logistik 

D'On, Padang (Sumbar),-
Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) berada di daerah paling ujung Kota Padang, yang terletak di arah selatan kota. Kecamatan ini tidak hanya terpencil, tetapi juga rentan terhadap berbagai bencana alam. Dengan letak geografis yang berada di pinggir pantai dan perbukitan, Bungtekab menghadapi ancaman serius dari bencana banjir rob dan longsor.

Camat Bungtekab, Harnoldi, menekankan pentingnya kesiapan menghadapi situasi darurat, mengingat akses yang terbatas ke daerah ini. "Kecamatan kami jauh dari pusat kota, hanya memiliki akses satu jalan untuk sampai ke sini," ungkap Harnoldi pada Jumat (24/5/2024).

Sebagai langkah proaktif untuk mengantisipasi dampak bencana dan memastikan ketersediaan logistik bagi warga, Harnoldi mengumumkan rencana pembangunan gudang logistik di kecamatan tersebut. Gudang ini diharapkan menjadi solusi vital dalam menyimpan berbagai kebutuhan darurat seperti logistik, obat-obatan, dan peralatan penyelamatan. "Kita akan bangun gudang logistik, kita anggarkan di APBD Perubahan tahun ini," ujar Harnoldi dengan optimisme.

Lokasi gudang logistik ini direncanakan berada di belakang Kantor Camat, yang strategis untuk menjangkau seluruh warga Bungtekab. Pembangunan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan bantuan dalam situasi darurat, terutama jika akses dari pusat kota terputus. "Ketika jalan dari pusat kota menuju Bungus putus, gudang logistik akan membantu warga kita. Kehadiran gudang itu nantinya juga akan sangat diperlukan saat darurat," jelas Harnoldi.

Kondisi darurat di Bungus Teluk Kabung bukanlah hal yang baru. Beberapa waktu belakangan, kecamatan ini mengalami berbagai insiden yang menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan fasilitas logistik yang memadai. Kasus terbaru melibatkan seorang turis asal Perancis yang tewas tertimpa pohon saat berlibur di salah satu pulau sekitar. "Dari kejadian itu kita dapat mengambil hikmah. Kita sangat memerlukan gudang logistik yang menyimpan peralatan seperti chainsaw, perahu karet, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan saat ada kejadian. Jadi kita tidak perlu menunggu lama dari pusat kota," terangnya.

Rencana pembangunan gudang logistik ini tidak hanya menjadi solusi jangka pendek, tetapi juga langkah strategis untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respon bencana di Kecamatan Bungtekab. Dengan fasilitas ini, diharapkan waktu respon dalam penanganan bencana dapat dipercepat, sehingga dampak buruk bagi warga dapat diminimalisir. 

Camat Bungtekab, Harnoldi, berkomitmen untuk terus berupaya memberikan yang terbaik bagi warga di kecamatannya. "Kami berharap dengan adanya gudang logistik ini, warga merasa lebih aman dan siap menghadapi segala kemungkinan bencana," pungkasnya.

(*)

#SiagaBencana #Padang

No comments