Breaking News

Aksi Massa Buruh Gemakan Suara: Tolak PHK Mudah dan Upah Rendah

Aksi Demo Buruh di Patung Kuda 

D'On, Jakarta,-
Ribuan buruh dari berbagai organisasi serikat pekerja di Indonesia berkumpul di area Patung Kuda, Jakarta, dalam aksi demo yang dipicu oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan Partai Buruh. Pada pukul 10.21 WIB, pantauan dilapangan melaporkan bahwa massa mulai memadati lokasi dengan pakaian yang mencirikan identitas kelompok masing-masing, seperti merah, biru, dan hitam untuk buruh, serta biru dongker untuk mahasiswa.

Para buruh perempuan dan transgender siap menyuarakan berbagai tuntutan untuk menjamin keamanan dan kesejahteraan di lingkungan kerja, dengan rencana demo yang diperkirakan akan diikuti oleh 48.000 hingga 50.000 buruh. Mereka berencana melakukan unjuk rasa di Istana Negara dan Gelora Bung Karno.

Beberapa tuntutan utama yang mereka sampaikan adalah pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja dan penolakan terhadap praktik outsourcing dengan upah murah (HOSTUM). Presiden Partai Buruh dan Presiden KSPI, Said Iqbal, menyoroti beberapa masalah utama yang dihadapi buruh, termasuk upah minimum yang rendah, praktik outsourcing yang tidak terbatas, kontrak kerja berulang-ulang, serta kemudahan dalam pemutusan hubungan kerja (PHK).

Said Iqbal juga menyoroti pengaturan jam kerja yang fleksibel, ketidakpastian dalam cuti, khususnya bagi buruh perempuan yang membutuhkan cuti haid atau cuti melahirkan, serta penyalahgunaan tenaga kerja asing. Dia juga menegaskan bahwa beberapa sanksi pidana dari UU sebelumnya telah dihapuskan dalam Omnibus Law, yang menjadi perhatian serius bagi para buruh.

Aksi demo ini mencerminkan ketegangan antara kepentingan pemerintah dalam mendorong investasi dan kemajuan ekonomi, dengan kebutuhan para buruh akan perlindungan dan keadilan dalam lingkungan kerja. Dengan partisipasi massif ini, buruh Indonesia berusaha memperjuangkan hak-hak mereka demi kehidupan yang lebih baik dan adil.

(*)

#DemoHariBuruh #HariBuruh #MayDay

No comments