Breaking News

Aksi Kekerasan KKB Guncang Distrik Homeyo: Gedung Sekolah Dibakar, Warga Sipil Tewas

KKB membakar gedung SD Negeri Inpres Pogapa di Kabupaten Intan Jaya, Papua Pegunungan pada Rabu, 1 Mei 2024.

D'On, Timika (Papua),-
Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, diguncang oleh aksi kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pada Rabu (1/5/2024). Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Pogapa menjadi korban pembakaran yang dilakukan oleh KKB sekitar pukul 08.00 WIT pagi. Kejadian tragis ini terjadi hanya 50 meter dari Mapolsek Homeyo, dimana sehari sebelumnya, pada Selasa (30/4/2024), KKB telah menyerang Mapolsek Homeyo dan menewaskan seorang warga sipil bernama Alexander Parapak (20) dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, menjelaskan bahwa aksi pembakaran gedung SD Inpres Pogapa dilakukan oleh KKB wilayah Homeyo. Dalam serangan tersebut, terdengar bunyi letusan senjata api laras panjang, menciptakan suasana ketakutan dan kepanikan di sekitar area.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan, lokasi gedung SD hanya berjarak sekitar 50 meter dari Mapolsek Homeyo. 

"Pembakaran bangunan SD Inpres Pogapa dilakukan oleh KKB wilayah Homeyo, dalam aksi tersebut terdengar bunyi letusan senjata api laras panjang," kata Bayu dalam keterangan, Rabu (1/5/2024).

Dari laporan masyarakat, pelaku penyerangan adalah KKB kelompok Keni Tipagau dari Kodap VIII Kemabu yang dipimpin oleh Undius Kogoya dan Aibon Kogoya. Bayu Suseno memohon dukungan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan di Distrik Homeyo dari ancaman KKB, dengan harapan terciptanya kedamaian yang mendalam.

Aksi kekerasan ini menyoroti eskalasi konflik yang terus berlangsung di Papua, menunjukkan urgensi perlunya tindakan nyata untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di daerah tersebut.

(*)

#Peristiwa #KKB

No comments