Breaking News

Wasit Kontroversial: Timnas Indonesia Dihajar Qatar, Jenner dan Sananta Kartu Merah!

Kontroversi Kartu Merah Ivar Jenner 

D'On, Doha (Qatar),-
Di laga pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024, harapan dan kebanggaan bergelora saat Timnas Indonesia U-23 melangkah ke lapangan Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Senin (15/4/2024). Namun, pertandingan yang diwarnai dengan intensitas tinggi ini berakhir dengan hasil yang tidak diharapkan bagi tim Garuda Muda.

Dari menit pertama, Timnas Indonesia U-23 yang diasuh oleh Shin Tae-yong menemui kesulitan dalam menghadapi tekanan Qatar U-23. Meskipun memasukkan Ivar Jenner dan Rafael Struick sejak awal, Garuda Muda kesulitan menciptakan peluang yang berarti di babak pertama. Puncaknya, wasit Nasrullo Kabirov dari Tajikistan memberikan penalti kontroversial kepada Qatar setelah menganggap Rizky Ridho melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Khaled Ali Sabah yang dipercaya sebagai algojo sukses merobek gawang Ernando Ari, menjadikan skor 1-0 untuk keunggulan Qatar U-23 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, situasi semakin sulit bagi Timnas Indonesia U-23 setelah wasit Kabirov mengusir Ivar Jenner pada menit ke-46, menyusul pelanggaran yang dianggapnya terjadi terhadap Saif Hassan. Bermain dengan sepuluh pemain membuat strategi Shin Tae-yong tergoyahkan.

Qatar U-23 memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan mencetak gol kedua melalui Ahmed Al-Rawi pada menit ke-54. Meskipun melakukan beberapa pergantian pemain dengan masuknya Ramadhan Sananta, Fajar Fathur Rahman, Ikhsan Zikrak, dan Nathan Tjoe-A-On, upaya Timnas Indonesia U-23 untuk mengejar ketertinggalan tidak membuahkan hasil.

Hasil Timnas U23 vs Qatar ini diwarnai dengan rangkaian keputusan kontroversial wasit Nasrullo Kabirov, termasuk dengan kartu merah  Ramadhan Sananta (95'). Dengan kekalahan di laga pembuka ini, pasukan Shin Tae-yong ada di posisi juru kunci Grup A dalam klasemen AFC U23 2024 terbaru, di bawah Qatar (3 poin), Australia, dan Yordania (1 poin)

Pelatih Shin Tae-yong menyampaikan, "Kami sangat kecewa dengan hasil ini, tetapi kami akan belajar dari kesalahan dan terus berusaha meningkatkan performa di pertandingan selanjutnya."

Meskipun demikian, kekalahan ini tidak menyurutkan semangat Timnas Indonesia U-23 yang membuat sejarah dengan lolos untuk kali pertama ke ajang Piala Asia U-23 pada edisi 2024 ini. Mereka bertekad untuk bangkit dan menunjukkan performa terbaik di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

(Mond)

#PialaAsiaU23 #Sepakbola #Olahraga

No comments