Breaking News

Sarasehan HKBN 2024: Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat Pantai untuk Menghadapi Bencana

Sarasehan Sigap Bencana 

D'On, Padang (Sumbar),-
  Sarasehan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun ini di Kota Padang menyuguhkan sorotan mendalam tentang pentingnya meningkatkan ketangguhan masyarakat pantai dalam menghadapi ancaman bencana alam. Dengan tema 'Ketangguhan Komunitas Pantai', acara ini menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam memperkuat kesiapsiagaan bencana di kawasan pesisir.

Perwakilan Kedubes Australia, Simon Flores, menegaskan komitmen Australia dalam mendukung upaya penguatan ketangguhan bencana di Indonesia, khususnya di wilayah pesisir. "Kemitraan kesiapsiagaan Australia-Indonesia menjadi landasan bagi upaya bersama untuk menghadapi tantangan bencana secara berkelanjutan," ujarnya.

"Ini prioritas bagi kami untuk mendukung dan  meningkatkan ketangguhan sebagai upaya  kesiapsiaagaan yang bekerlanjutan," ucapnya di depan peserta di Gedung Youth Center Kota Padang, Jumat (26/4/2024). 

Dalam paparannya, Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo, menggarisbawahi pentingnya edukasi dalam upaya penanggulangan bencana. Sarasehan tahun ini diarahkan untuk memperkuat ketangguhan masyarakat pantai dengan melibatkan berbagai pihak dalam membangun kesadaran akan mitigasi risiko bencana.

"Output dari sarasehan ini akan menjadi landasan untuk penyusunan buku yang mendalam tentang abrasi pantai, strategi mitigasi bencana, serta potensi sumber daya masyarakat pantai," tuturnya.

Menurut Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi, sarasehan ini merupakan langkah pencegahan yang strategis dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Diskusi yang digelar membahas secara rinci tentang ketangguhan komunitas pantai di berbagai wilayah, seperti Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan Maluku.

"Sarasehan ini akan menjadi pijakan bagi penulisan publikasi yang menyeluruh, bertajuk 'Masyarakat Pantai Bertutur', sebagai upaya untuk membagikan pengalaman dan pembelajaran dalam membangun ketangguhan masyarakat pantai," paparnya.

Dalam tanggapannya, Wali Kota Padang, Hendri Septa, menyambut baik inisiatif HKBN dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana di Kota Padang. "Kami, bersama stakeholder kebencanaan, berkomitmen untuk terus mengupayakan pengurangan risiko bencana di seluruh lapisan masyarakat," tegasnya.

Dengan demikian, sarasehan HKBN tahun ini tidak hanya menjadi forum diskusi, tetapi juga tonggak awal bagi langkah-langkah konkret dalam memperkuat ketangguhan masyarakat pantai di Indonesia.

(*)

#HKBN #SiagaBencana #Padang

No comments