Breaking News

Pasca Lebaran, Semangat Padang Bagoro Kembali Membara

Padang Bagoro

D'On, Padang (Sumbar),-
Setelah menjalani bulan puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri, semangat untuk menjaga kebersihan lingkungan kembali bergelora di Kota Padang dengan dilaksanakannya program "Padang Bagoro". Pekan terakhir bulan April menjadi momentum penting di mana kegiatan bersih-bersih lingkungan digelar di seluruh wilayah Kota Padang.

Dalam suasana yang penuh semangat, Wali Kota Padang, Hendri Septa, mengucapkan rasa syukurnya karena program Padang Bagoro selalu disambut dengan antusias oleh warga di 11 kecamatan dan 104 kelurahan di Kota Padang. "Kami mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat Kota Padang dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui program Padang Bagoro setiap bulannya," ungkapnya.

Menurut Hendri Septa, Padang Bagoro merupakan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, yang dimulai dari tingkat keluarga. "Kami berharap program ini akan menjadikan Kota Padang sebagai contoh kota bersih, nyaman, dan terhindar dari masalah lingkungan," tambahnya dengan penuh semangat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Fadelan Fitra Masta, menjelaskan bahwa Padang Bagoro dilaksanakan setiap bulan pada hari Minggu dari pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Setiap anggota keluarga diharapkan turut serta membersihkan pekarangan rumah atau saluran selokan di sekitar rumah masing-masing.

"Dalam kegiatan Padang Bagoro kali ini, kami melibatkan 50 perwakilan organisasi bank sampah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya program bank sampah," ungkap Fadelan. Tujuannya adalah untuk mengajak seluruh warga Kota Padang menjadi anggota bank sampah sehingga dapat memilah sampah organik dan non-organik.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, program bank sampah juga diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) setiap harinya. "Sampah yang dipilah juga memiliki nilai ekonomis yang dapat menjadi sumber tabungan bagi masyarakat melalui bank sampah," jelasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, serta para Asisten dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Padang. Turut hadir pula Camat Kuranji, Ridho Satria, Lurah Sungai Sapih, Syahrial, dan Direktur Bank Sampah Pancadaya, Mina Dewi Sukmawati, yang juga merupakan Ketua Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (Forsepsi) Kota Padang.

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, program Padang Bagoro diharapkan akan terus berlanjut dan menjadi budaya bagi masyarakat Kota Padang untuk menjaga kebersihan lingkungan, demi masa depan yang lebih baik.

(*)

#PadangBagoro #Padang

No comments