Breaking News

Makanan Tabu bagi Penderita Diabetes: 8 yang Wajib Dihindari!

Ilustrasi 

Dirgantaraonline,-
Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional pada tanggal 18 April, penting bagi masyarakat untuk memahami betapa krusialnya pola makan sehat dalam mengelola kondisi ini. Diabetes membutuhkan kewaspadaan ekstra dan pengetahuan tentang makanan yang tepat guna menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Berikut adalah panduan mendalam mengenai makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, berdasarkan sumber dari Medical News Today:

1. Makanan Tinggi Gula: 

Makanan manis seperti donat, croissant, kue, dan cookies memiliki kandungan gula tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah. Kandungan gula ini juga dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan risiko penyakit jantung serta stroke.

2. Minuman Manis: 

Minuman yang mengandung pemanis buatan sebaiknya dihindari, karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Disarankan untuk menggantinya dengan minuman alami seperti air mineral yang diberi rasa buah-buahan.

3. Lemak Jenuh: 

Makanan tinggi lemak jenuh seperti daging berlemak, produk susu tinggi lemak, dan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.

4. Sayuran Kalengan: 

Sayuran kalengan, terutama yang mengandung tambahan garam, sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

5. Makanan Digoreng: 

Makanan yang digoreng cenderung mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi, yang dapat menyebabkan resistensi insulin pada penderita diabetes.

6. Karbohidrat Putih: 

Karbohidrat putih seperti roti putih, nasi, dan pasta dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan berat badan. Disarankan untuk menggantinya dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan roti gandum.

7. Buah Kering: 

Buah kering memiliki kandungan gula yang tinggi dan sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Disarankan untuk mengonsumsi buah segar sebagai alternatif yang lebih sehat.

8. Alkohol: 

Konsumsi alkohol sebaiknya dibatasi atau dihindari oleh penderita diabetes, karena dapat memengaruhi kadar gula darah secara negatif dan meningkatkan risiko komplikasi kesehatan.

Dengan memperhatikan dan menghindari makanan-makanan tersebut, penderita diabetes dapat mengelola kondisi mereka dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

(Rini)

#Diabetes #Gayahidup #Kesehatan #Lifestyle

No comments