Breaking News

Kronologi Danramil Aradide Tewas Ditembak OPM

Teroris OPM Tembak Danramil Aradide

D'On, Jayapura (Papua),-
Berita tragis datang dari Papua, di mana Komandan Koramil (Danramil) 1703-04/Aradide, Letnan Infanteri Oktovianus Sogarlay, telah meninggal dunia akibat serangan brutal yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM). Peristiwa tragis ini terjadi di daerah Pasir Putih, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, pada Kamis (11/4).

Kronologi kejadian ini dimulai pada Rabu (10/4) sore, ketika Letnan Infanteri Oktovianus Sogarlay meninggalkan Markas Koramil 1703-04/Aradide. Namun, kepulangannya tertunda dan hingga Kamis (11/4), ia tidak kembali. Pencarian pun dilakukan, dan pahitnya, Letnan Infanteri Oktovianus Sogarlay ditemukan dalam keadaan tak bernyawa, mengalami serangan dan tembakan. Hasil autopsi juga mengungkap bahwa korban mengalami luka parah di bagian kepala dan tangan.

Letkol Infanteri Candra Kurniawan, Kapendam XVII/Cenderawasih, menegaskan bahwa pelaku penyerangan diduga kuat berasal dari gerombolan OPM Kodap XIII yang dipimpin oleh Matias Gobay. Hal yang mencengangkan adalah Letnan Infanteri Oktovianus Sogarlay tidak dilengkapi dengan senjata api saat meninggalkan markas Koramil 1703-04/Aradide.

Selain kehilangan nyawa seorang prajurit yang berdedikasi, TNI juga kehilangan sepeda motor yang merupakan inventaris militer. Mencari motor tersebut menjadi fokus dalam pencarian oleh anggota TNI.

Mayjen Nugraha Gumilar, Kapuspen TNI, menyatakan bahwa serangan ini merupakan pelanggaran HAM berat dan telah mengganggu upaya perdamaian, keamanan, serta pembangunan di Papua. Setelah jenazah dievakuasi ke RSUD Paniai, akan disemayamkan di rumah keluarga almarhum. Situasi di wilayah Paniai masih terpantau kondusif, namun pihak TNI-Polri sedang giat melakukan pengejaran terhadap pelaku biadab yang telah menewaskan Letnan Infanteri Oktovianus Sogarlay.

Peristiwa ini mengingatkan kita akan risiko yang dihadapi para prajurit yang setia menjaga kedaulatan dan keamanan negara, serta menyoroti kompleksitas tantangan keamanan di wilayah Papua yang masih terus berlanjut.

(*)

#Peristiwa #KKB #OPM #Papua

No comments