Breaking News

Kota Padang Siap Gelar Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2024: Persiapan Terus Dimatangkan!


D'On, Padang (Sumbar),-
Tuan rumah puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) mendekati dengan persiapan matang di Kota Padang. Direktur Kesiapsiagaan, Pangarso Suryotomo, telah tiba untuk memastikan segala aspek acara berjalan lancar. Saat kunjungannya pada Kamis (18/4/2024), ia fokus meninjau Gedung Youth Center yang akan menjadi pusat kegiatan HKBN.

Hendri Zulviton, Kalaksa BPBD Kota Padang, menjelaskan bahwa Youth Center akan menjadi pusat kegiatan yang tidak hanya dihadiri oleh warga Padang tetapi juga akan disiarkan secara langsung ke 17 provinsi dan 30 kabupaten/kota melalui live streaming. Acara ini diprediksi akan dihadiri oleh pejabat tinggi, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta kepala lembaga terkait lainnya.

"Youth Center digunakan sebagai pusat kegiatan, namun juga akan diikuti oleh 17 provinsi, 30 kabupaten/kota secara live streaming. Insya Allah nanti bakal dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Kepala BMKG, Ketua Komisi VIII DPR RI dan unsur terkait lainnya," ujarnya.

Persiapan fisik di Youth Center sedang difinalisasi, termasuk jaringan internet untuk live streaming dan perencanaan evakuasi mandiri. Evakuasi mandiri ini akan dilakukan di sekolah, rumah ibadah, pasar, dan tempat lainnya sebagai bagian dari upaya peningkatan kesadaran bencana.

Ada lima poin utama kegiatan yang akan dilaksanakan pada HKBN, termasuk kampanye keselamatan, sosialisasi publik, peningkatan kapasitas masyarakat, pengecekan protap/SOP, serta latihan dan pengecekan kesiapan personil dan logistik dalam menghadapi bencana.

Dalam upaya untuk memastikan efektivitas penanganan bencana, latihan penyelamatan diri dan evakuasi mandiri, uji alat peringatan dini, uji tempat evakuasi, dan pengecekan jalur serta pemasangan rambu evakuasi akan dilakukan secara intensif.

Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang kuat antara berbagai pihak terkait, HKBN 2024 di Kota Padang diharapkan menjadi momentum penting dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana di seluruh Indonesia.

(*)

#HKBN #BPBD #Padang

No comments