Breaking News

Kemacetan Mencekam Jalur Mudik Jalintim Palembang-Jambi: Tantangan Sabar Bagi Para Pemudik

Macet di Jalintim Palembang-Jambi

D'On, Palembang (Sumsel),-
Gelombang pemudik yang melintasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Jambi, khususnya di Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, menghadapi ujian kesabaran yang menghantui pada Jumat, 5 April 2024. Kemacetan parah meregangkan antrean kendaraan hingga mencapai 12 kilometer, mulai dari kilometer 58 hingga 70. Situasi ini menciptakan tekanan ekstra bagi pemudik yang terjebak dalam antrean panjang, mengingat perayaan Lebaran tinggal H-6.

Personel dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dan Polres Banyuasin berusaha keras untuk mengendalikan kemacetan, namun upaya tersebut menemui kendala yang besar terutama menjelang malam. Kepala Satlantas Polres Banyuasin, AKP Indrowono, mengingatkan para pengguna jalan untuk tetap menjaga ketertiban, bersabar dalam antrean, dan menghindari upaya menerobos jalur berlawanan yang hanya akan memperparah situasi.

Kemacetan ini dipicu oleh peningkatan volume kendaraan pemudik, yang kemudian diperburuk oleh lebar jalan yang terbatas hanya mencapai 6,8 meter. Perilaku pengendara yang cenderung saling mendahului juga turut memperparah situasi. AKBP Ferly Rosa Putra, Kapolres Banyuasin, menjelaskan bahwa penguraian kemacetan berlangsung lambat karena keterbatasan alternatif rute dan meningkatnya kepadatan lalu lintas.

Meskipun beberapa kendaraan mogok berhasil dievakuasi dan upaya sterilisasi arus lalu lintas terus dilakukan, penindakan langsung terhadap pengendara yang menerobos jalur tidak dilakukan, mengingat tindakan tersebut berpotensi memperburuk situasi. Sebagai gantinya, Kapolres mengajak para pengendara untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan dalam mengikuti aturan lalu lintas, terutama di kawasan Betung.

Di sisi lain, alternatif tol Musi Landas yang mengarah ke Betung belum dibuka, mengingat situasi lalu lintas masih dapat dikelola di beberapa segmen. Pembukaan jalur tol tersebut hanya akan dipertimbangkan jika terjadi penumpukan kendaraan lebih lanjut, sebagai langkah untuk mengatasi kepadatan di Jalintim.

Peristiwa kemacetan ini menjadi pengingat akan pentingnya perencanaan perjalanan dan kesabaran bagi para pemudik, terutama di jalur-jalur vital yang sering menjadi titik rawan kemacetan selama musim mudik Lebaran.

(*)

#Macet #Lalulintas

No comments