Breaking News

Antusiasme Hari Kesehatan Gigi di Kota Padang: Menyemai Kesadaran Kesehatan Mulut Generasi Muda

Pelajar Kota Padang Praktikan Cara Bersikap Gigi di Hari WOHD

D'On, Padang (Sumbar),-
Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia (World Oral Health Day) dirayakan dengan penuh semangat di Kota Padang, dengan siswa-siswi mempraktikkan teknik menyikat gigi di sekitar kompleks Adabiah, pada Selasa (23/4/2024). Antusiasme ini direspon oleh Wali Kota Hendri Septa, yang menekankan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai fondasi utama untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

"Dimulai dari menjaga kesehatan gigi dan mulut, untuk itu pentingnya menjaga kesehatan dan tubuh kita, kesadaran ini yang harus kita tanam," imbuhnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif dari Fakultas Kedokteran Gigi dan Rumah Sakit Gigi Mulut Universitas Andalas, bekerja sama dengan PT Unilever Indonesia, untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi di Kota Padang tentang pentingnya perawatan gigi dan mulut. Wali Kota Hendri Septa menyatakan bahwa kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut adalah langkah awal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, Nila Kusuma, berharap bahwa kontribusi ini akan membantu menciptakan generasi emas pada tahun 2045 dengan memberikan edukasi yang tepat. Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan Pemerintah Kota Padang untuk memperbaiki kesehatan anggota tubuh secara umum melalui perawatan gigi yang baik.

"Siap berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Padang,  bahwa kesehatan gigi akan memperbaiki kesehatan anggota tubuh secara umum," katanya.

Rati Mirah Afifah, Kepala Pemasaran Profesional Perawatan Pribadi Unilever, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dan edukasi kepada masyarakat, dengan sudah mencapai 30 juta penduduk Indonesia, khususnya anak sekolah. Dia berharap bahwa partisipasi 125 ribu pelajar SD dan SMP di Kota Padang dalam kegiatan ini akan membantu menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perawatan gigi dan mulut, serta pentingnya kunjungan rutin ke dokter gigi.

"Saat ini 125 ribu pelajar di Kota Padang akan dilibatkan dalam menumbuhkan kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut, bukan hanya sekadar menggosok gigi namun kita juga harus datang ke dokter gigi secara teratur. Semoga banyak SDM yang mumpuni di bidang Kedokteran Gigi di Kota Padang," harapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 2.400 siswa dari SD, SMP, dan SMA di sekitar kompleks Adabiah, sementara 125 ribu pelajar dari SD dan SMP di Kota Padang mengikuti acara tersebut melalui platform zoom. Dengan demikian, upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut di kalangan generasi muda, serta mempersiapkan SDM yang berkualitas di bidang Kedokteran Gigi di Kota Padang.

(Mond)

#Kesehatan #GigidanMulut #Padang

No comments