Breaking News

Wali Kota Padang Kumpulkan Camat: Evaluasi Penanganan Bencana Banjir

Walikota Padang lakukan rapat evaluasi penanganan banjir Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Wali Kota Padang Hendri Septa mengadakan rapat evaluasi penanganan bencana banjir pasca kejadian yang melanda kota tersebut., pada Sabtu (9/3/2024). Rapat yang berlangsung di Balaikota Padang tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Hendri Septa dan dihadiri oleh seluruh Camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Hadir pula dalam rapat tersebut adalah Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Sekretaris Daerah Kota Andree Algamar, dan para Asisten.

Dalam rapat tersebut, Ekos Albar mengakui bahwa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam penanganan bencana banjir di Kota Padang. Hal-hal yang perlu diperbaiki antara lain respon time, koordinasi antar instansi terkait, pembaruan data, dan kesiapan lapis kedua jajaran kecamatan.

“Berkaca dari bencana banjir kamis-jumat kemarin, diakui ada beberapa perbaikan yang harus kami lakukan. Respon time, rantai koordinasi, updating data, serta kesiapan lapis 2 jajaran kecamatan harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi,” tegas Ekos Albar.

Senada dengan Ekos Albar, Hendri Septa mengatakan bahwa tidak peduli apa yang terjadi pemerintah harus hadir. Maka koordinasi antar lapisan pemerintah harus selalu jalan.

“Dalam keadaan darurat, second in command itu harus jalan. Tidak boleh ada kekosongan. Jika Camat berada di luar, maka Sekcam harus bisa mengambil alih komando. Pemerintah tidak boleh vakum,” ujar Hendri Septa

Wali Kota Hendri Septa menegaskan bahwa pemerintah harus hadir dan bersiap menghadapi segala situasi, termasuk dalam penanganan bencana. Koordinasi antar lapisan pemerintah dianggap sangat penting, di mana second in command harus siap mengambil alih jika ada kekosongan. Hendri Septa mencontohkan kejadian di mana Wakil Wali Kota mengambil alih komando saat ia terjebak macet dalam perjalanan pulang, sebagai bukti pentingnya koordinasi yang baik di semua tingkatan pemerintahan.

Wali Kota juga menyerukan kepada para Camat dan jajarannya untuk menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baik dalam menghadapi situasi darurat. Hal ini dianggap sebagai langkah penting untuk memastikan kesiapan dan responsifitas dalam menghadapi bencana di masa yang akan datang.


(*)

#Padang #BanjirPadang #Banjir