Breaking News

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H Digelar Hari Ini

Ilustrasi Sidang Isbat 

D'On, Jakarta,-
Kementerian Agama di Indonesia akan mengadakan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada (10 Maret 2024) hari ini. Sidang ini akan berlangsung di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat, dengan format hybrid, yang mencakup keterlibatan daring dan luring.

Menurut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin, Sidang Isbat ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat terkait pelaksanaan ibadah Ramadan. Kegiatan ini juga dianggap sebagai layanan keagamaan yang penting bagi masyarakat.

Adapun Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib, menyatakan bahwa Sidang Isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta dihadiri oleh duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. Selain itu, Sidang Isbat juga akan dihadiri oleh perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya.

Sidang ini akan terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama akan mencakup pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Tahap ini akan terbuka untuk umum dan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Tahap kedua akan melibatkan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang akan dilaksanakan secara tertutup setelah salat Magrib. Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal yang dilakukan tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Tahap ketiga akan berupa konferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan melalui media sosial Kemenag. Sidang Isbat ini diharapkan memberikan kejelasan terkait awal Ramadan 1445 H kepada masyarakat Indonesia.


(*)

#AwalRamadan #Ramadan2024 #SidangIsbat #Nasional #Kemenag