Breaking News

Pemerintah Akan Tetapkan Tanggal Lebaran 2024: Potensi Hari Raya Idulfitri Serempak

Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki

D'On, Jakarta,-
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengungkapkan bahwa umat Muslim di Indonesia memiliki potensi untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 secara serempak pada hari yang sama. Pernyataan ini disampaikan setelah rapat koordinasi lintas sektor antara kementerian/lembaga di Jakarta pada Senin (25/3/2024).

Meskipun demikian, Saiful menegaskan bahwa penentuan hari raya Idulfitri 1445 Hijriah masih perlu dikonfirmasi kembali dalam sidang isbat yang dijadwalkan pada 9 April 2024. Dalam sidang isbat tersebut, posisi hilal akan dinilai sesuai dengan kriteria yang telah disepakati oleh Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Saiful menjelaskan bahwa kriteria MABIMS mengharuskan visibilitas hilal mencapai setinggi 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat pada 9 April mendatang. Hal ini menjadi penentu dalam menentukan awal bulan Syawal yang menandai berakhirnya bulan Ramadan dan dimulainya perayaan Idulfitri.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah diperkirakan jatuh pada tanggal 10 April 2024. Namun, pernyataan tersebut masih harus dikonfirmasi kembali dalam sidang isbat guna memastikan konsistensi dengan kriteria MABIMS yang telah ditetapkan. Dengan demikian, penentuan akhir mengenai tanggal Hari Raya Idulfitri akan diumumkan setelah hasil sidang isbat pada 9 April 2024.

(*)

#IdulFitri2024 #Lebaran2024 #Nasional