Breaking News

Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan Tahap I Siap Beroperasi untuk Mudik Lebaran 2024

Gerbang Tol Koto Kampar, Bagian dari Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar. (Dokumentasi BPTJ)

D'On, Riau,-
PT Hutama Karya (Persero) menggelar serangkaian acara penting terkait persiapan menjelang musim mudik Lebaran 2024 M/1445 H, pada Jumat (22/3/2024). Salah satu proyek unggulan yang disorot adalah jalan tol Bangkinang - Pangkalan Tahap I (Bangkinang - Koto Kampar).

Proyek ini mencapai tonggak penting dengan dilakukannya Provisional Hand Over (PHO) kepada anak usaha Hutama Karya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI). Kegiatan ini dimulai dengan pemeriksaan lapangan oleh Tim Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Hutama Karya, yang kemudian disusul dengan Rapat Pleno Pelaksanaan Pemeriksaan PPHP.

Menurut Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, pemeriksaan ini merupakan langkah krusial dalam mempercepat pengoperasian jalan tol untuk mendukung mobilitas pemudik, khususnya di Provinsi Riau. "Alhamdulillah, selama dua hari tersebut sudah dilakukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari kelengkapan administrasi hingga kondisi fisik pekerjaan," ujarnya dalam keterangan resmi pada Selasa (26/3/2024).

Lebih lanjut, Tjahjo menyampaikan bahwa jalan tol Bangkinang - Pangkalan Tahap I akan segera mengajukan permohonan Uji Laik Fungsi (ULF) kepada Kementerian PUPR. Proyek ini berharap menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan tahun 2024.

Jalan tol ini membentang sepanjang 24,7 km dengan jumlah lajur 2x2, serta kecepatan rencana 80 km/jam, yang diharapkan dapat memangkas perjalanan dari semula 1 jam menjadi hanya 15 - 20 menit. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas struktur seperti 8 jembatan, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, 1 interchange, dan 2 gerbang tol, jalan tol ini siap memudahkan mobilitas pengguna.

Selain itu, jalan tol Bangkinang - Pangkalan Tahap I merupakan satu dari 2 ruas Jalan Trans Sumatera yang direncanakan untuk difungsionalkan, bersama dengan jalan tol Indrapura - Kisaran Seksi Limapuluh - Kisaran.

Dengan upaya Hutama Karya yang terus mengoptimalkan infrastruktur, khususnya jalan tol, mudik Lebaran tahun ini diharapkan dapat berlangsung lebih lancar dan nyaman bagi seluruh pemudik.

(*)

#TolSumatra #Infrastruktur