Breaking News

Menag Yaqut: Awal Ramadan 1445 H Mungkin Berbeda, Umat Diajak untuk Tetap Solid

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 

D'On, Jakarta,-
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dari Indonesia memperingatkan umat Islam untuk tetap memelihara solidaritas dan sikap toleransi menghadapi potensi perbedaan dalam penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi. Peringatan ini disampaikan dalam edaran Nomor 1 tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idulfitri. 

"Tetaplah memelihara ikatan ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menghadapi kemungkinan perbedaan penetapan awal 1 Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi," kata Yaqut di Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Sebelumnya, Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan pada tanggal 11 Maret 2024, sedangkan beberapa jamaah tarekat berencana memulai puasa pada tanggal 10 Maret 2024. Pemerintah akan menggelar sidang isbat awal Ramadan 1445 H pada tanggal 10 Maret 2024, untuk menetapkan awal puasa Ramadan tahun ini, apakah pada tanggal 11 atau 12 Maret.

Edaran Menag menekankan pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menyikapi kemungkinan perbedaan penetapan awal Ramadan. Umat Islam diimbau untuk menjalankan ibadah Ramadan dan hari raya Idulfitri sesuai ajaran Islam, menghormati nilai toleransi, serta mengadakan kegiatan keagamaan untuk memperkuat persaudaraan. 

Kegiatan takbir keliling dan Salat Idulfitri dapat dilaksanakan di berbagai tempat dengan tetap mematuhi aturan pemerintah setempat, menghormati toleransi, dan menjaga ketertiban. Ceramah Ramadan dan khutbah Idulfitri juga harus disampaikan dengan memperhatikan nilai toleransi, persatuan bangsa, dan tanpa mencampurkan isu politik.

Kemenag mendorong umat Islam untuk aktif dalam mengoptimalkan zakat, infak, wakaf, dan sedekah selama bulan Ramadan untuk meningkatkan kesejahteraan umat. Menag Yaqut juga menekankan agar umat Islam mematuhi pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan mushala sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022.

(*)

#AwalPuasa #Ramadan #Kemenag #YaqutCholilQoumas