Breaking News

Kontak Tembak di Intan Jaya: Remaja dan Prajurit TNI Terluka

Nelon Sani, remaja korban kontak tembak KKB di Intan Jaya, Papua, Jumat, 1 Maret 2024

D'On, Intan Jaya, (Papua),-
Ketegangan memuncak di Kabupaten Intan Jaya, Papua, saat kontak tembak hebat meletus antara aparat gabungan TNI-Polri dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Jumat (1/3/2024). Kejadian menegangkan tersebut terjadi sekitar pukul 12.20 WIT di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, berjarak sekitar 130 meter dari kantor bupati setempat.

Menurut Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Kabid Humas Polda Papua, situasi memanas ketika dua kali letusan senjata api laras panjang terdengar dari arah depan kantor bupati Intan Jaya sekitar pukul 10.00 WIT. Personel gabungan Polres Intan Jaya dan Brimob Satgas Damai Cartenz langsung merespons kejadian tersebut, ujarnya Sabtu (2/3/2024).

Ketegangan mencapai puncaknya ketika sekitar pukul 12.20 WIT terjadi kontak tembak antara KKB wilayah Intan Jaya dengan aparat gabungan TNI-Polri. Dalam kejadian itu, dua orang menjadi korban akibat tembakan tersebut. Salah satunya adalah Prada David dari TNI Raider 330 yang terkena tembakan di bagian perut hingga menembus body vest depan, sementara seorang remaja bernama Nelon Sani (16 tahun) juga terkena tembakan pada lengan kirinya yang menembus perut.

Benny menyatakan bahwa kedua korban segera dievakuasi ke Kabupaten Timika menggunakan helikopter milik TNI sekitar pukul 14.32 WIT. "Saat ini, kedua korban telah dievakuasi ke Kabupaten Timika dengan menggunakan helikopter milik TNI," ujarnya.

Pasca insiden tersebut, aparat gabungan meningkatkan pengamanan dan menggelar patroli di sekitar wilayah kantor Bupati Intan Jaya. "Aparat gabungan TNI-Polri yang ada di Kabupaten Intan Jaya saat ini melakukan patroli secara intensif guna mengantisipasi terjadinya aksi lanjutan," tambah Benny.

Kejadian dramatis ini memunculkan kekhawatiran dan memperkuat kebutuhan akan keamanan di daerah tersebut, sementara warga setempat berharap agar situasi dapat segera terkendali.

(*)

#Peristiwa #BakuTembak #KKB #Papua