Breaking News

Batik Air Ungkap Insiden Pilot dan Kopilot Tertidur: Tanggapan dan Langkah Proaktif

Ilustrasi Batik Air

D'On, Jakarta,-
Batik Air telah memberikan tanggapan yang kuat terhadap insiden di mana pilot dan kopilot tertidur selama 28 menit dalam penerbangan dari Kendari ke Jakarta. Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Batik Air, menekankan komitmen perusahaan pada keamanan dan kenyamanan penumpang. Dia menyatakan bahwa Batik Air terus melakukan evaluasi rutin terhadap semua operasional penerbangan dengan fokus utama pada detail operasional dan aspek keselamatan.

Mengenai kejadian tertidurnya pilot dan kopilot, Danang menjelaskan bahwa Batik Air beroperasi dengan kebijakan istirahat yang memadai sesuai dengan regulasi untuk awak pesawat sebelum melaksanakan tugas penerbangan. Namun, pihaknya telah mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan sementara pilot yang bertugas pada penerbangan tersebut. Hal ini merupakan bentuk keseriusan perusahaan terhadap pentingnya aspek keselamatan serta dalam rangka menjalankan investigasi yang menyeluruh.

"Fokus utama dari evaluasi ini adalah pada detail operasional dan aspek keselamatan, menegaskan bahwa setiap prosedur dan praktik kerja selaras (berdasarkan) standar keselamatan," katanya, melalui keterangan resmi, dikutip Minggu (10/3/2024).

Batik Air juga menyatakan kesiapannya untuk menerapkan seluruh rekomendasi keselamatan yang diberikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Perusahaan ini memperkuat program pembinaan dan meningkatkan prosedur keselamatan operasional penerbangan terhadap semua awak pesawat. Mereka juga berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan regulator, awak pesawat, dan pihak terkait lainnya dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan.

"Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024," kata Danang.

Dengan demikian, tanggapan Batik Air terhadap insiden tersebut mencerminkan keseriusan mereka dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang serta kesiapannya untuk mengambil tindakan proaktif dan menerapkan perbaikan berkelanjutan dalam operasional penerbangan mereka.

(*)

#BatikAir #Peristiwa #PilotTertidur