Breaking News

Raja Charles Menderita Kanker, Istana Buckingham Beri Penjelasan

Raja Charles 

D'On, Inggris,-
Raja Charles telah didiagnosis menderita kanker dan telah memulai perawatan untuk mengatasi kondisinya. Meskipun jenis kanker yang dideritanya tidak dijelaskan secara rinci, Istana Buckingham menegaskan bahwa bukan kanker prostat. Raja, yang berusia 75 tahun, telah memulai perawatan rutin dan disarankan untuk menunda tugas-tugas publiknya.

Istana menyatakan bahwa Raja tetap bersikap positif terhadap perawatannya dan akan melanjutkan peran konstitusionalnya sebagai kepala negara, termasuk urusan administrasi dan pertemuan pribadi. Putra Raja, Pangeran Harry, diharapkan akan datang ke Inggris untuk berbicara dengan ayahnya mengenai diagnosis kanker tersebut.

"Selama prosedur yang dilakukan raja di rumah sakit baru-baru ini untuk pembesaran prostat jinak, ada masalah terpisah yang menjadi perhatian. Tes diagnostik selanjutnya telah mengidentifikasi suatu bentuk kanker. Yang Mulia hari ini telah memulai jadwal perawatan rutin, selama yang saat itu dia telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhubungan dengan publik," kata Istana, diansir The Guardian, Selasa (6/2/2024).

Raja Charles, meskipun terpaksa menunda beberapa pertemuan publiknya, diharapkan tetap menjalankan urusan negara dan resmi seperti biasa. Istana juga mengungkap bahwa Ratu Camilla, Pangeran William, Putri Anne, Pangeran Edward, serta Pangeran Harry dan Pangeran Andrew tidak lagi dipanggil sebagai bangsawan yang tidak bekerja.

Meskipun tidak ada rencana untuk menunjuk penasihat negara, Raja diperkirakan masih bisa menghadiri pertemuan Dewan Penasihat. Namun, detail mengenai pertemuan tersebut masih dalam evaluasi, dan pengaturan alternatif untuk audiensi mingguannya dengan perdana menteri sedang dipertimbangkan.

Rincian mengenai buku harian raja masih dalam tahap pengerjaan, tanpa informasi tentang kapan program penuh keterlibatan akan dimulai kembali. Ratu, sementara itu, diharapkan melanjutkan program penuh tugas publiknya.

Penundaan tugas publik Raja Charles terjadi bersamaan dengan absennya Catherine, Putri Wales, yang sedang pulih dari operasi perut di Klinik London. Meskipun kondisinya dikatakan non-kanker, absennya Catherine menimbulkan tantangan bagi monarki yang mengalami pengurangan jumlah anggota keluarga kerajaan yang aktif dalam tugas publik.

(*)

#Inggris #Internasional #RajaCharles