Breaking News

Publisher Rights Resmi Diteken Jokowi: Inilah Rinciannya!

Presiden Jokowi 

D'On, Jakarta,-
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tanggung Jawab Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas atau dikenal sebagai Perpres Publisher Rights. Keputusan ini diumumkan dalam acara puncak Hari Pers Nasional 2024 di Jakarta, di mana Jokowi menekankan pentingnya jurnalisme berkualitas dan keberlanjutan media konvensional.

Perpres tersebut, yang terdiri dari enam bab dan 19 pasal, menetapkan berbagai ketentuan untuk mengatur hubungan antara perusahaan platform digital dan perusahaan pers. Pasal 3 menjelaskan ruang lingkup Perpres ini, termasuk pengaturan perusahaan platform digital, kerja sama antara platform digital dengan perusahaan pers, serta pembentukan komite dan pendanaannya.

Salah satu poin penting dalam Perpres ini adalah Pasal 5, yang mewajibkan perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas dengan beberapa ketentuan. Ini termasuk tidak memfasilitasi penyebaran atau komersialisasi konten berita ilegal, memberikan prioritas kepada berita yang diproduksi oleh perusahaan pers, memberikan perlakuan yang adil kepada semua perusahaan pers, melaksanakan program pelatihan untuk mendukung jurnalisme berkualitas, serta mendesain algoritma distribusi berita yang mendukung nilai demokrasi dan kebhinekaan.

Bab III dan IV Perpres ini menyoroti kerja sama antara perusahaan platform digital dan perusahaan pers, termasuk pembentukan Komite yang bertugas menangani implementasi Perpres ini. Pasal 9 hingga 17 menguraikan tugas, fungsi, tata kerja, unsur, keanggotaan, dan kesekretariatan komite.

Bab V membahas pendanaan komite, sementara Bab VI berisi ketentuan penutup. Secara keseluruhan, Perpres Publisher Rights merupakan langkah penting pemerintah untuk memastikan adanya kerja sama yang seimbang antara platform digital dan perusahaan pers, serta untuk mempromosikan jurnalisme berkualitas dalam era digital.

(Mond)

#PerpresPublisherRights #Jurnalis #Jokowi #Pers