Breaking News

Polri Raih Penghargaan UNMISS: Kontribusi Luar Biasa untuk Misi Perdamaian

Polri terima penghargaan misi perdamaian dari UNMISS di Sudan Selatan Rabu (31/1/2024)

D'On, Sudan Selatan,-
Payam UN House, Juba, Sudan Selatan, Otoritas Misi Pemeliharaan Perdamaian UNMISS memberikan penghargaan kepada 33 personel Polri yang bertugas sebagai Individual Police Officer (IPO), pada Rabu (31/1/2024). 

Penghargaan diserahkan kepada Kadiv Hubinter Irjen. Pol. Krisna Murti dan empat delegasi, disaksikan oleh Senior Liaison Officer perwakilan Indonesia untuk PBB.

Christina Fossen, Police Commissioner, mengapresiasi kehadiran delegasi Polri di daerah misi, menyatakan bahwa prestasi dan kinerja personel Polri sangat memengaruhi kontribusi mereka bagi UNMISS. Dalam sambutan di Payam UN House, Fossen menyoroti kontribusi krusial UNPOL Indonesia, termasuk dalam bidang administrasi, pengembangan kapasitas, dan persiapan mendukung pemilu di Sudan Selatan.

“Seluruh UNPOL Indonesia pada UNMISS telah memberikan kontribusi nyata,” ungkapnya dalam sambutan di Payam UN House, Juba Sudan Selatan, Rabu (31/1/2024) waktu setempat.

Personel Polri di daerah misi meraih prestasi signifikan, seperti menjadi tester bagi calon peacekeepers, membantu evakuasi korban konflik di Malakal pada 28 Mei 2023, serta melibatkan diri dalam pelatihan dan workshop untuk polisi lokal. Mereka juga berhasil menyita senjata dari warga sipil, memimpin operasi cordon and search, dan mendukung program kampanye perdamaian antar suku dengan membangun sumur bor dan menyumbangkan alat-alat olahraga kepada masyarakat lokal.

Fossen menekankan prestasi personel Polri di bidang perencanaan, perencana operasi misi, pengembangan kapasitas kepolisian lokal, audit internal, dan manajemen sumber daya manusia. Ia mengapresiasi kesetaraan gender dalam pengiriman personel Polri sebagai IPO di misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Kadivhubinter Polri, Krisna Murti, menyampaikan terima kasih kepada Otoritas Misi atas penghargaan tersebut. Ia menegaskan bahwa semua yang dilakukan personelnya sejalan dengan persiapan melalui latihan, memastikan kualitas personel dan memenuhi persyaratan kemampuan bagi UNPOL di daerah misi. Komitmen Indonesia dalam berkontribusi pada Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB ditegaskan sebagai serius dan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di misi.

“Komitmen Indonesia dalam berkontribusi pada Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB sangat serius dan mempersiapkan personel sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di misi,” ungkap Kadiv Hubinter.


(*/Mond)


#Polri #UNMISS #Internasional #SudanSelatan