Breaking News

Pembersihan Drainase di Jati Koto Panjang Membawa Dampak Positif

Petugas kebersihan berjibaku bersihkan drainase di daerah jati panjang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Kawasan Jati Koto Panjang, yang terletak di Kecamatan Padang Timur, Padang, mengalami proses pembersihan drainase yang mendalam pada Jumat (9/2//2024). Dalam satu hari saja, upaya tersebut berhasil mengembalikan kebersihan dan kelancaran aliran air di sekitar area tersebut.

Pembersihan dilaksanakan dengan turunnya personil kebersihan yang bertugas membersihkan drainase. Sebelumnya, drainase yang merupakan jalur vital bagi aliran air tersebut terlihat kotor dan tersumbat oleh sedimen. Namun, berkat upaya intensif tersebut, drainase kembali bersih dan lancar.

Menurut keterangan dari Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar, proses pembersihan ini terbilang cukup menantang karena tingginya tingkat sedimen yang mengendap di dalam drainase. Namun, dengan penggunaan alat yang tepat, semua sedimen berhasil dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam karung sebelum dibuang.

Wawako Ekos Albar juga menyampaikan pesan penting kepada seluruh warga untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke dalam drainase maupun sungai. Langkah ini sangat penting untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah yang dapat menghambat aliran air dan memicu banjir.

"Kebersihan kota kita merupakan tanggung jawab bersama. Saya mengimbau kepada seluruh warga agar membuang sampah pada tempatnya demi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kita," ujar Wawako. 

Dengan demikian, pembersihan drainase di Jati Koto Panjang bukan hanya membawa dampak positif dalam hal kelancaran aliran air, tetapi juga sebagai pengingat akan pentingnya peran aktif seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan demi kesejahteraan bersama.

(*)

#Padang