Breaking News

Konflik Retorika Antara Biden dan Kremlin: Komentar Pedas dan Tindakan Eskalatif

Kolase Putin dan Biden

D'On, Rusia,-
Perdebatan sengit antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Kremlin semakin memanas setelah Biden menyebut Presiden Rusia sebagai 'bajingan gila' dalam sebuah pidato yang memicu reaksi keras dari Moskow. Dalam pidatonya yang dihadiri oleh sekelompok wartawan, Biden tidak menahan diri untuk mengkritik Putin, menyamakannya dengan ancaman perubahan iklim.

Dmitry Peskov, juru bicara Putin, dengan tegas mengecam komentar Biden sebagai "memalukan bagi negara itu sendiri" dan menggambarkan perilaku Biden sebagai "gayanya koboi Hollywood" yang lebih melayani kepentingan politik dalam negeri, ujarnya Kamis (22/2/2024).

Komentar Biden bukanlah yang pertama kali mencoreng hubungan AS-Rusia. Sebelumnya, Biden telah mengeluarkan pernyataan keras terhadap Putin, bahkan menyatakan bahwa Putin "tidak dapat tetap berkuasa." Ketegangan antara kedua negara semakin meningkat akibat konflik di Ukraina dan kematian Alexei Navalny, pemimpin oposisi Rusia, di penjara.

Biden berjanji untuk memberlakukan sanksi baru yang lebih keras terhadap Moskow atas kematian Navalny, yang menurut Gedung Putih dilakukan oleh Kremlin. Namun, Putin bersama Dmitry Medvedev menanggapinya dengan sinis, menyebut Biden sebagai "orang tua yang tidak berguna" dan menyatakan bahwa Biden sudah "pikun" serta "siap memulai perang dengan Rusia."

Krisis semakin meruncing ketika Rusia mengumumkan rencana untuk meluncurkan senjata nuklir ke luar angkasa, memicu kembali ketegangan terbesar dalam hubungan antara Rusia dan Barat sejak Perang Dingin. Diplomat dan pejabat AS-Rusia mengakui bahwa hubungan kedua negara saat ini mencapai titik terendah, bahkan menyamainya dengan Krisis Rudal Kuba tahun 1962.

Kematian Navalny menjadi titik tolak baru dalam konfrontasi ini. Para pejabat Rusia menyalahkan negara-negara Barat atas tuduhan langsung terhadap Putin tanpa bukti yang memadai. Kremlin menegaskan bahwa reaksi negara-negara Barat tidak dapat diterima.

Dalam situasi di mana kata-kata pedas bertabrakan dengan tindakan eskalatif, prospek kedua negara untuk menyelesaikan konflik semakin suram. Hubungan AS-Rusia terus merosot dalam ketidakpastian yang meningkat, meninggalkan dunia dalam ketegangan yang mengkhawatirkan.

(*)

#JoeBiden #VladimirPutin #Rusia #AmerikaSerikat #Internasional