Breaking News

Dradjad: Anggaran Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Masih Tahap Awal

Dradjad Hari Wibowo

D'On, Jakarta,-
Dradjad Hari Wibowo, Ketua Dewan Pakar PAN dan Pendiri Sustainable Development Indonesia, mengungkapkan bahwa anggaran sebesar Rp 15.000 per anak untuk program makan siang gratis Prabowo-Gibran masih dalam tahap awal.

"Angka tersebut hanya sebagai titik awal. Anggaran negara untuk tahun 2025 belum final," kata Dradjad pada hari Kamis (29/2/2024).

Seorang anggota pakar dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menjelaskan bahwa alokasi Rp 15.000 per anak masih bisa berubah tergantung pada situasi dan harga bahan pangan saat program tersebut diterapkan.

"Angka Rp 15.000 memang sebagai standar biaya yang telah dibahas sejauh ini. Apakah cukup atau tidaknya (dalam hal anggaran) akan tergantung pada harga-harga saat program ini diterapkan pada tahun 2025," jelas Dradjad.

Dradjad menyebutkan bahwa pembahasan rinci terkait program makan siang gratis belum dilakukan oleh calon presiden Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka, dan tim mereka.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pemerintah sedang membuat proyek percontohan untuk pelaksanaan program tersebut. Rincian terkait anggaran dan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis sedang disiapkan.

"Kita sudah membuat proyek percontohan, kita akan lihat bagaimana hasilnya," ucapnya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada hari Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, pemerintah masih dalam proses penyusunan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) untuk tahun 2025, yang akan menjadi langkah awal dalam merancang anggaran negara tahun 2025.

"Dalam anggaran negara, belum ada detail makro, dan belum ada pengurangan anggaran. Tidak seperti itu (anggaran negara tidak akan menutupi separuh dari Rp 450 triliun)," demikian disampaikan Airlangga.

(*)

#MakanSiangGratis #Nasional