Breaking News

Sosok Raja Baru Denmark: Muda Berbahaya, Tua Naik Takhta

Frederik, raja baru Denmark (WireImage/Karwai Tang)

D'On, Denmark,-
Frederik, putra mahkota kerajaan Denmark sejak usia 3 tahun, akan segera naik tahta menjadi raja, Minggu (14/1/2023). Pemilik nama lengkap Frederik André Henrik Christian itu akan dikenal sebagai Raja Frederik ke-10.

Pria kelahiran 26 Mei 1968 itu memperoleh kekuasaannya setelah sang ibu, Ratu Margrethe II, turun tahta secara sukarela atau dengan cara mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Ratu beruisa 83 tahun itu telah mengumumkan keputusan pengunduran dirinya sejak malam pergantian tahun 2023-2024.

Raja Frederik X akan diumumkan sebagai pemimpin monarki tertua di Eropa itu oleh Perdana Menteri Mette Frederiksen di balkon Istana Christiansborg. Pengkatan pemimpin seremonial tertinggi di Denmark hanya sebatas itu, tak semewah seremonial pengangkatan raja di Inggris.

Frederik bukanlah putra mahkota yang sulit diketahui latar belakangnya. Sebab, sejak muda ia dikenal sebagai pewaris tahta kerajaan yang begundal, meski pada usia tuanya mampu putar haluan dan dikenal sebagai seorang ayah dari empat anak yang baik. Berikut ini profil Frederik:

Pangeran yang Badung Tapi Cemerlang

Frederik merupakan anak tertua dari Ratu Margrethe II dan Henri de Laborde de Monpezat. Ia menikah dengan Mary Elizabeth Donaldson, seorang mantan agen Real Estate di Sydney, Australia, pada 2004 silam. Keduanya bertemu di Slip Inn Bar saat adanya penyelenggaraan Olympiade Sydney pada 2000.

Sebelum bertemu Donaldson, Frederik dikenal sebagai putra mahkota yang sangat populer dan kerap bergonta-ganti pasangan. The Washington Post mencatat bahwa saat muda Frederik dikenal sebagai Prince Party dan memiliki kepribadian yang sangat berbeda dengan Margrethe II.

Saat perayaan Setengah Abad usia ibunya, Frederik secara terang-terangan mengatakan kepada ibunya, "Engkau gemar melukis, aku berolahraga. Engkau menggali lubang untuk mengubur masa lalu, aku telah mengubur kepalaku supaya tidak dikenali saat berada di angkatan bersenjata. Engkau ahli dalam kata-kata, sedangkan aku kerap suka kehilangan kata-kata".

CNN pun mencatat masa muda Frederik sebagai pemuda pemberontak. Dengan wajah yang tampan dan gemar berolahraga, New York Post menyebut Frederik muda sebagai putra mahkota yang playboy. Ia pernah mengencani model Malou Aamund, Katja Storkholm, hingga Maria Montell dengan kisah percintaan yang liar dipenuhi kehidupan yang glamor.

Pendidikan tinggi ia tempuh di Aarhus University dan menjadi keluarga kerajaan Denmark pertama yang menyelesaikan pendidikan S2 atau master. Ia pun mahir bahasa Prancis, Inggris, hingga Jerman. Sedangkan pendidikan militer ia tuntaskan dari tiga cabang angkatan bersenjata. Pendidikan militernya bahkan sampai ke tingkat elit di angkatan laut Denmark. Tak heran karena ia hobi berolahraga.

Ia pun sempat menjadi anggota International Olympic Committee antara tahun 2009 sampai dengan 2021. Keaktifannya dalam dunia olahraga inilah yang mengantarkannya bertemu dengan Elizabeth Donaldson di sebuah bar saat menghadiri Olympiade Sydney 2000 dan menikah empat tahun kemudian.

Mereka sekarang memiliki empat anak: Christian, 18 tahun, yang menjadi putra mahkota baru Denmark setelah ayahnya naik takhta, Isabella yang berusia 16 tahun, dan si kembar berusia 13 tahun, Vincent serta Josephine. Pasangan ini telah mencoba memberikan anak-anak mereka pendidikan yang lebih informal dibandingkan Frederik dengan menyekolahkan mereka ke sekolah negeri biasa.

(hsy/cnbc)

#RajaDenmark #RajaFrederik #RatuMargretheII #Denmark #Internasional