Breaking News

Piala Asia 2023: Tuan Rumah Qatar Tim Pertama Lolos Babak 16 Besar Usai Kalahkan Tajikistan

Pemain Qatar Tarek Salman (kanan) berebut bola dengan pemain Tajikistan Dzhalilov Alisher pada pertandingan grup A Piala Asia di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Rabu 17 Januari 2024. (AP/Aijaz Rahi)

D'On, Qatar,- 
Tuan rumah sekaligus juara bertahan, Qatar, menjadi tim pertama yang melaju ke 16 besar Piala Asia setelah meraih kemenangan 1-0 atas Tajikistan di Stadion Al Bayt, Rabu (17/1/2024) waktu setempat atau Kamis (18/1/2024) dini hari WIB.

Qatar punya catatan memalukan setelah menelan tiga kekalahan pada pertandingan fase grup Piala Dunia 2022, yang merupakan penampilan tuan rumah terburuk sepanjang sejarah kompetisi akbar itu.

Pada awal bulan lalu, mereka memecat pelatih Carlos Queiroz dan menggantinya dengan mantan arsitek Real Madrid, Tintin Marquez. Keputusan itu terbayar tunai dengan keberhasilan Qatar menindaklanjuti kemenangan 3-0 atas Lebanon dengan kemenangan tipis 1-0 atas pendatang baru Piala Asia, Tajikistan.

Penyerang Akram Afif, yang mencetak dwigol pada pertandingan pembukaan, kembali menjadi pahlawan Qatar dengan gol semata wayangnya. Afif berhasil mengejar bola umpan terobosan Almoez Ali pada menit ke-17, sebelum berhasil menaklukkan kiper Tajikistan, Rustan Yatimov.

“Almoez adalah salah satu sahabat saya, dan kami saling memahami satu sama lain. Kami telah bermain bersama sejak lama, sehingga kami memahami apa yang diinginkan hanya dengan melihat. Kami berharap hal-hal baik akan terus berlanjut,” kata Afif.

Tajikistan menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Amadoni Kamolov diusir keluar lapangan akibat menendang wajah Ahmed Al-Ganehi pada menit ke-81. Ini merupakan kartu merah pertama yang terjadi dalam Piala Asia 2023.

Kemenangan Qatar membawa mereka melaju sebagai juara grup A dengan menyisakan satu pertandingan yang belum dimainkan. Namun, siapa yang mendampingi Qatar baru dapat diketahui setelah pertandingan putaran terakhir.

Pada pertandingan terakhir grup A yang dimainkan pada Senin (21/1/2024), Qatar akan berhadapan dengan Tiongkok, sedangkan Tajikistan akan melawan Lebanon.

Meski dua kali bermain imbang dengan skor 0-0, Tiongkok masih menjadi tim dengan peluang terbesar untuk mendampingi Qatar. Tiongkok memiliki dua poin, sedangkan Tajikistan dan Lebanon masing-masing baru memiliki satu poin.

Tiongkok mungkin memiliki keuntungan seandainya Qatar memilih untuk mengistirahatkan para pemain utamanya.

Pelatih timnas Tiongkok Aleksandar Jankovic berusaha untuk tidak terdepak dari fase grup.

Setelah bermain imbang tanpa gol dengan Tajikistan untuk memulai perjalanannya di Piala Asia, Tiongkok kembali gagal mencetak gol saat bermain imbang 0-0 dengan Lebanon pada Rabu.

Lebanon bahkan dua kali memiliki peluang yang membentur mistar gawang, sedangkan peluang terbaik Tiongkok digagalkan sebelum bola melewati garis gawang.

Namun, ini terasa seperti antiklimak bagi sepak bola Tiongkok yang sedang limbung akibat masalah korupsi.

“Pada akhirnya kami tidak menang, tetapi kami memperlihatkan mentalitas yang bagus, sikap yang bagus, dan perjuangan. Jalannya masih panjang, dan targetnya masih sama, untuk bermain di fase gugur,” ujar Jankovic.

Terdapat tiga pertandingan yang akan dimainkan pada Kamis, dimulai dengan Suriah melawan salah satu favorit juara Australia. India akan bermain melawan Uzbekistan di grup yang sama, sebelum Palestina menghadapi Uni Emirat Arab pada pertandingan terakhir.

(B1)


#PialaAsia2023 #Sepakbola #Olahraga