Breaking News

Operasi Mantap Brata 2024: Polri Kirim Pasukan Khusus ke Luar Negeri untuk Jaga TPSLN

Kabarhakam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil

D'On, Banten,-
Kabaharkam Polri Komjen Mohammad Fadil Imran memimpin pemberangkatan 111 personel kepolisian ke luar negeri untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) dalam Operasi Mantap Brata 2024. Fadil menegaskan pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar anggota menjalankan tugas dengan baik, melibatkan pengamanan TPSLN serta koordinasi dengan petugas TPSLN dan KBRI.

"Tadi sudah disampaikan pesan bapak Kapolri untuk betul-betul menjunjung tinggi tugas dengan baik, mengawal pengamanan dengan baik, ditambah dengan koordinasi karena tugas personel ini di TPSLN bukan hanya mengamankan proses pemungutan suara tapi juga melakukan koordinasi awal petugas TPSLN dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia," kata Fadil usai kegiatan Pre Departure Briefing (PDB) dan Apel Pemberangkatan Satgas PAM TPSLN Operasi Mantap Brata 2024 di Pusat Misi Internasional Polri Serpong, Banten

Lokasi tugas mencakup Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong, Australia, Belanda, dan Arab Saudi. Fadil menekankan pentingnya koordinasi dengan Kedubes dan pihak berwenang setempat, mengingat TPSLN tidak hanya berada di KBRI dan Konsulat Jenderal, tetapi juga di luar kedutaan.

Dengan 2.3 juta WNI yang akan mencoblos di luar negeri, Fadil menyatakan persiapan personel dengan bimbingan teknis dari Divhubinter Polri, KPU, Bawaslu, dan Kementerian Luar Negeri. Penempatan personel di TPSLN disesuaikan dengan karakteristik wilayah, jumlah pemilih, dan jarak dari kedutaan.

Polri, sesuai regulasi, memastikan pengamanan pemungutan suara dengan anggota menggunakan seragam sipil dan rompi, tanpa seragam dinas. Fadil berharap menghindari kendala seperti pada Pemilu 2019, dengan antisipasi yang telah dilakukan bersama KPU dan Kementerian Luar Negeri.

(*)

#Polri #PengamananTPSLN #Pemilu2024